Selasa, 06 November 2018

EMAK-EMAK B'GAYA BACKPACKERAN

G
Gaya para Emak


Halooo…. Smart Ladies,  apa kabar?

Melihat  kebahagiaan  yang lahir dari kebersamaan  merupakan anugrah yang luar biasa.  Kebersamaan  jilid 3 dari  para  Emak dilingkungan  rumahku itu, tercetus spontan.  Rencana awal  akan  jalan-jalan ke wisata di daerah Tangerang,  tapi  lama-lama  makin  jauh  api dari panggang..hehehe….. 

Akhirnya  pada saat arisan  dicetuskanlah  rencana  ke villa, nginep dan kongkow aja gitu kan.  Yang penting  kumpul bersama,  Mau?........ Woow…….tuh respone cepet bener.  Langsung  daftar siapa yang mau ikut,  ada dua villa yang diharapkan bisa ngasih harga  saudara… .. hihihi…Emak-emak  biasa cari yang diskonan.  
 
Keseruan di hari 1
Hanya dalam waktu  kurang dari  dua minggu,  kita  mencoba mewujudkan  untuk kebersamaan ini dengan biaya seekonomis mungkin.  Kita bagi tugas untuk  mencari villa dan akan  dicompare mana yang paling sesuai.  Alhamdulilah satu villa   done, sementara villa lainnya belum ada kabar dan di saat yang tepat ketua   RT kita  mengeluarkan   jurus sakti yang  ngga terduga.  Dapat villa murah hanya dengan nomor pokok pensiunnya, kereeeen kan?.....hehehehe.

Pol gayanya
Aku rembukan dengan  Bu Ketua RT dan itung-itungan biaya yang dibutuhkan dengan perhitungan transportasi  tentunya.  Yuup…..Alhamdulillah keluarlah  biaya per orang yang harus dibayar,  ngga terlalu mahal dan juga ga perlu nabung dulu tentunya. Setelah ada kata putus, aku publish di group. Muantaaab…respone para Emak cepet beneeer..hahaa dan aku lempar  ke floor untuk DCnya. Woow…tambah seru lagi, tapi langsung putus dan mulailah para Emak menyiapkan diri. Sukaaaa aku liat kehebohannya….wkwkkw

Ternyata backpackeran itu asyik
Kali ini aku sengaja mau bawa para Emak ini jalan ala backpackeran. Cuma semalam dan ngga jauh-jauh amat, kita berangkat dengan grab tetangga dan udah deal. Cukup 2 mobil aja, ada yang mengundurkan diri karena satu dan lain hal. No problem, ingat konsumsi tanggung masing-masing ya!.

Untuk menghindari macet, karena kita berangkat pada waktu week end after subuh kita berangkat. Etapi….sesuai jam yang ditentukan, masih ada yang belum keluar rumah.  Inilah moment yang aku paling suka. Satu-satu para Emak keluar dengan tas backpack dan  kedua tangan menenteng tas lainnya.  Pasti isinya perbekalan deh…hahahaha…..Biasa toh Emak-emak ngga jauh dari  makanan, tapi asyiiik..aku tinggal makan nih.

Sama besar dg botol cimory..hhihhi
Akhirnya kita mulai lepas landas iring-iringan, yang bawa mobil anak muda dan aku duduk di depan. Kalau belum mefet dia ngga ngerem atau langsung  nyalip dan yang ada, aku jadi ikut-ikut ngerem dah…hahahaha. 

“Tenang Tante, masih aman kok”  katanya sambil senyum  melihat  aku ikut ngerem terus.  Dia lupa yang duduk disampingnya  Oma  nyaris 60 tahun..…hahaha…

Cimory
Keluar tol  mobil sudh tidak bergerak, tapi kita ambil jalur alternative. Jalannya naik turun yang bikin kita senang, tapi ditengah jalan ada yang sakit. Kita berhenti dulu untuk ngurus yang sakit dan lanjuuut…..

Jam setengah sepuluh kita sudah  sampai di villa dan langsung mengeroyok sarapan. Langkah berikut, kita mau jalan ke taman Matahari. Sayang masih ada  penutupan jalan untuk arah turun, yaaa..kita nunggu deh sampai dibuka.  Tau kan Emak-emak kalau liat oleh-oleh? Naah…persis diseberang Villa kita itu pusat penjualan oleh-oleh,  iseng nunggu jalan dibuka, rame-rame deh pada nyebrang.

shopping..shoping
Begitu kembali, kedua tangan semua nenteng belanjaan. Ada yang beli sweeter  dan lain-lain, heloow….baru datang loh! Hehehe.  Akhirnya kita maksi  dan shalat dulu, baru tuh jalan dibuka. Yuuk mari kita mulai petualangan, tapi naik apa?... Jalan aja dulu, kita  panggil grab dua kali di cancel sopirnya. 

Yo  wis, jalan aja dulu dan emang  Emak-emak sholehah. Melintaslah angkot kosong dan aku lambaikan tangan, dia berhenti dan mau nganter kami. Bahkan mau kami sewa sampai besok. Yeeesss!!  Si akangnya baik dan ngga itungan lagi, juga jadi informasi kita tentang daerah yang sebaiknya kita kunjungi.

Kabin alpardnya nih..hahaha
Tiba di Taman Matahari, harus bayar uang masuk 60.000/orang.  Emang di dalam ada apa sih?  “Mainan anak-anak aja,” jawab seorang Emak. Eaalaaah….

“Sayang ah, mendingan kita disini aja. Mendingan makan bakwan malang aja, kenyang.” Kata emak yang lain.
Makan lagiiiiii hahaha

“Saya nunggu di parkiran. Nanti telpon aja kalau  mau pulang,” kata  Akang  angkot.
Sementara pada jajan, aku menurunin jalan menuju kali yang ada didepan kita. Melihat anak-anak pada mandi dan aku dengan Effi (Emak paling muda) berfoto ria dikali yang airnya lumayan bening, tapi sampahnya  buanyak banget…hehehe

Aku liat emak-emak ada yang makan somay, bakwan, bakso dan apalagi ya?..hahaha

“Gimana kalau kita ke Cimory aja?”  usul Effi

“Iya dari pada disini, yuuk ah.” Setelah sepakat, kita panggil angkot sewaan dan jalan deh ke Cimori. Di akhir minggu seperti sekarang, ngga ada tempat yang kosong di cimory. Kita melewati meja-meja orang yang sedang makan dan langsung kebawah, biasa  bergaya lah disetiap view. Mau turun lagi ke bawah, weee….sekarang bayar bo!.   Ngga usah turun di sini aja dan menyebarlah para Emak jalan.

full tim
Aku mencoba es krim corn yang dijual disebelah kanan deretan botol yogurt cimory, yang merupakan  tempat  berfoto para pengunjung. Jadi antri. Alias gantian fotonya dengan pengunjung lain. Ada juga  dijual susu murni  dengan harga 15.000/gelas. Sayang susunya  ngga ada yang hangat. Setelah itu time for shopping,  pie, cake gulung, yogurt dan lainnya menarik dompet deh. 

“Ingat loh, besok kita pulang naik kereta. Jadi jangan belanja yang berat-berat,” kata ku…

“Ngga lah Cuma beli 2 botol aja.”

“Ok”  tapi aku liat tuh keranjang…hehhehe..botol yang seliteran.

Puas belanja, kita kembali ke villa dan tunggu saja di depan,  alpard kita siap jemput setelah di telpon. Emang pikirin orang pada ngeliatin, kalau kita dijemput angkot. Eeet..salah alpard….hahaha… Bolehkan sekali-kali jalan-jalan bergaya backpacker?  Aku liat emak-emak pada menikmati aja tuh!..
wujud alpard kita

Sampai villa mau tau apa yang diserbu para emak? Kulkas, buat menyelamatkan yogurt.  Mereka memperhitungkan waktu perjalanan yang ditempuh untuk sampai di rumah, karena yogurd hanya tahan 5 jam diluar kulkas. Alhamdulillah semua yogurt muat di freezer. Aku deal sama  supir angkot untuk dijemput besok siang dan mengantar kita ke stasiun kereta api bogor.

3 ikan duyung terdampar dikolam renang
Setelah bersih-bersih, mulai deh kedengaran tawa yang tak berujung. Obrolan dan candaan membuat kita tertawa tak putus-putus.  Selepas makan malam, beli sekuteng dan camilan masih aja digarap. Memang kalau rame-rame, makan apa aja selalu enak dan apa aja yang ada terus dikunyah. Sebagian sudah terbuai mimpi, lainnya masih ada yang ngobrol.  Aku terbangun jam 3 pagi dan diluar kamar sudah terdengar rame lagi, seperti  ngga ada matinya..hahaha 

gaya tengkurep
Obrolan mulai berlanjut menjelang subuh, kicauan makin rame aja dan kebersamaan ini sangat indah ngga terbayarkan oleh apapun. Aku ikut sarapan bubur ayam  sama Bu RT, dengan segelas teh hangat pengusir dingin.  Setelah itu, aku dan Bu RT keluar untuk sekedar berolahraga dan menyapa penghuni villa lainnya yang masih satu lingkungan.  Aku lanjut berenang dan hanya bertiga yang berenang, lainnya sibuk ngobrol, ada yang belanja dan   juga yang jalan pagi.  Apalagi orang jualan silih berganti keluar masuk  lingkungan villa, dengan berbagai macam dagangannya.

pokoke gaya
Selesai semua dan sudah rapih dengan dress code hari kedua, fotografer kita udah teriak manggil  Emak-emak untuk ke samping. Berfoto dengan berbagai gaya, arahan  fotografer yang merangkap pengarah gaya.  Itu emak pada nurut aja disuruh, bergaya sampai ada gaya tengkurep di rumput samping. Satpam villa pun mendapat tugas  mengambil foto kita….pokoknya ga mati gaya deh  hehehe….

Yang lapaaar....hahaha
Oma Budi dan Aiun dia belanja dan masak sayur asem, lalap labu siam kecil, goreng ikan asin sepat dan nyambel.  Hidung tergelitik mencium bau harum ikan asin dari dapur, bikin perut jadi lapar.  Mari maksi bersama dan dalam sekejap  ludes tuh makanan.  Setelah  packing dan sambil menunggu jalan turun dibuka, kita ngeriung di ruang tamu. Mengobrol,  bercerita, saling meledek dan terjadilah kehangatan dalam kebersamaan yang sangat kental.  Aku bahagia melihat wajah-wajah yang tertawa lepas dalam  kebersamaan, sekedar melepas rutinitas sehari-hari. Kebersamaan yang tulus, merupakan   hal terindah yang tercipta tanpa  kepalsuan.  
  
Nunggu dijemput alpard
Siapa kamu, siapa aku, siapa dia dan semua itu ngga ada!, yang ada hanya satu “kita”  yang ngga memandang  kaya atau miskin!  Kita berpegang erat dalam  jalinan  ikatan persaudaraan yang hakiki antar tetangga yang merupakan keluarga terdekat kita. Kebersamaan ini tidak sulit untuk dibentuk, hanya dibutuhkan ketulusan hati dan kelapangan  jiwa. Mari eratkan terus bekersamaan ini, semoga dapat menambah peserta yang dapat kita rangkul dengan penuh kebahagiaan.

berdesakan dg oleh-oleh di alpard menuju stasiun bogor
Tak terasa waktu yang ditunggu untuk turun telah tiba, dan alpard juga sudah terisi barang bawaan kita dan siap untuk berangkat. Selamat tinggal villa galunggung, dan cerita kebersamaan ini akan terus berlanjut dilain tempat dan lain waktu. 

Bismillahirohmanirohim..alpard mulai bergerak menuju stasiun bogor.  

Maaf  Mak-emak, aku sudah lama ngga menginjak stasiun bogor. Ternyata sudah bagus dan megah, sayangnya kita diturunkan terlalu jauh sama si sopir. Memang dekat kelihatannya, tapi karena harus memutar jalannya jadi jauh. Apalagi  dengan barang bawaan yang lumayan berat, keluar deh omelan kelelahan….hehehe….tapi ngga kapok kan?  Siip......sekali-kali backpackeran asyiik juga kan!

wajah2 bahagia naik commuter line
Ya ngga lah!  Kan sudah menentukan DC untuk next trip dengan penuh semangat. Jadi oranye dan hijau ya? Tapi maaf tahun depan aku mau ke eropah, ada yang mau ikut?.....ditimpuk alpukat deh aku….wkwkwkwk…

Duri-Poris CL
Selamat menikmati sensasi naik Commuter Line, naik dengan berebutan  dan ngga dapat duduk. Aku hunting di gerbong laki-laki, satu deret kursi aku minta penumpangnya untuk berdiri dan memberi duduk kepada para Oma....Dengan sigap tuh anak-anak cowok tanggung memberikan kursinnya. Thank alot guys!
Maaf ya guys..foto dipadatin biar banyak...hahaaha


Mendarat kita di Stasiun Poris, Tangerang



#ODOP18
 



18 komentar:

  1. Wah keren mba.. Jadi pengen ke villa galunggung..main ke cimory juga.. Seru yaa.. Aku salfok Sama alphard nya Mba Hehehe.. emak2 kalo udh ngumpul emang suka pada rame yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi..gitu aja terlontar kata alpard. Seru2an aja

      Hapus
  2. Wah... bunda warbiyasah nih. Emak2 emang perlu banget refreshing macam begitu... metime, eh, apa wetime yaaa... yg penting happy dah.

    BalasHapus
  3. Seru banget dan yang pasti happy ya, Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba..seru & dibahas terus digroup WA..pd ga bisa.move on dr jalan2nya..hehehe

      Hapus
  4. Seru, rame, bawel, cerewet... Haha diopyok-opyok jadi satu. Hmmm... Jadinya ya gitu deh... Smngat berbackpacker ria...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poll banget Mba cerewetnya. Semua dikomentarin..hihibi

      Hapus
  5. Seruuuu, rameee... Semangat jalan-jalan dengan alpard kerennya ya mbaa... Yuhuiii membaca artikelnya kyk ikutan di dlm nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...alhamdulillah. keseruan yg luar biasa Mba. Saya leadernya aja senang banget liat emak2 seneng.

      Hapus
  6. Wah senang dan seru banget. Aku ngiri karena gak bisa kompak kya gitu. Mungkin karena komplek perumahannya udah terlampau tua. Keren banget 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti adaa tg menggerakkan Mba. Kami pertama tinggal dikomoleh rata2 msh baru menikah & tumbuh bersama me jadi oma..hehe

      Hapus
  7. Seru ya..punya tetangga yang kompak. Bisa pergi bareng dengan gaya backpakeran, keliatan makin kompak dengan DC-nya. Bunda juga masih enerjik, deh! Sehat terus, ya, Bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Nurul, maklum udah pd oma2 semua & sesekali jalan buat mencas baterai..hehehe
      Alhamdulillah Mba, makasih.

      Hapus
  8. Serunya punya tetangga kompak. Apalagi pake baju yang warnanya seragam gitu, makin terasa kebersamaannya ya buuun.

    BalasHapus
  9. Bunda keren deh. Semangat travelingnya masih membara. Semoga saya demikian ketika nanti sudah jelita. Hehe

    BalasHapus
  10. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus