Senin, 22 Januari 2018

BIASAKAN MEMBAWA BEKAL





Menyiapkan menu sehari-hari untuk keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi aku suka mencoba menu baru yang menurutku mudah membuatnya, anak-anak  suka dan nilai gizinya ga diragukan. Aku memang membiasakan diri memasak untuk anak-anak dan suami, jadi jam tiga dini hari aku sudah sibuk di dapur menyiapkan sarapan, bekal & makan siang anak-anak. Maklum Emak kudu ngantor yang lokasinya jauh dari rumah. Setelah pensiun seperti sekarang, masaknya bisa lebih santai kaena anak-anak berangkat kerja agak siang.

                 foto : doc. pribadi
                                                                 
Untuk menghindari anak-anak jajan sembarangan, aku menyiapkan makanan buat anak-anak. Walau di sekolah disediakan kantin dengan harga murah, tapi aku gak membiasakan anak-anak jajan. Jadi ada beberapa langkah yang perlu disiapkan untuk dapat membuat bekal yang mudah, cepat & bergizi.

1.       Jadikan lemari es sebagai super market.
Bagi ibu yang bekerja diluar rumah, manfaatkan lemari es untuk kebutuhan memenuhi makanan keluarga selama seminggu. Aku setiap sabtu pagi sudah berkeliaran di pasar, belanja semua kebutuhan untuk seminggu. Mulai dari lauk pauk, sayuran dan lainnya. Ikan & udang dibersihkan, cuci dan simpan ditempat bersih. Begitu juga dengan daging ayam & daging sapi. Belanja juga bisa dijadikan suatu kebersamaan loh. Ajak anak-anak dan suami, sementara ibu belanja. Bapaknya bisa mengajak anak-anak melihat-lihat, toh sekarang banyak pasar segar yang bersih dan tertata apik.

Semua yang sudah disiapkan dapat digunakan kapan saja kita perlu. Begitu juga dengan sayuran, dibersihkan, cuci dan simpan. Ada yang dieksekusi, seperti membuat ayam ungkap, jadi kalau butuh tinggal goreng. Undang atau cumi goreng tepung sudah disiapkan, tinggal goreng kapan diperlukan.  

2.       Setelah menemani anak-anak  belajar, aku sudah mengatur menu buat besok. Untuk sarapan apa, bekal makanan kecil dan makan siang anak-anak, siapkan bahan yang sudah tersedia dan besok tinggal diolah. Biasanya tinggal menggoreng lauk & membuat sayur, serta snack atau makanan selingan anak di sekolah.

3.       Jangan takut berkreasi dalam membuat makanan anak, agar mereka suka. Alhamdulillah tempat bekal selalu kosong saat pulang & biasanya minta bawa lebih banyak, karena kurang. Hehehe



                                                                                                                   foto: doc. pribadi

Kesiapan ini cukup memudahkan kita untuk  memasak setiap hari  dan berkreasi walau sebenarya makan tersebut sama, tapi kalau dibuat menarik anak akan menyukainya. Dan biasakan bertannya apa yang anak inginkan untuk bekalnya keesokan hari.

Contoh menu kreasi untuk selingan makanan anak di sekolah:


Mangguk Roti isi sosis keju.
Bahan:


5 bh roti bulan tawar
8 bh sosis potong daduu kecil
50 gr keju mozzarella potong dadu kecil
50 gr keju cedar ptong dadu kecil
Mayones secukupnya.


Cara membuat:
Lubangi bagian tengah roti, sisihkan
Campur sosis dan keju cedar yang telah dipotong dadu kecil
Beri ½ sdm mayones pada dasar roti, lalu masukan 1 sdm campuran sosis & keju cedar, lalu taburi keju mozarela diatasnya. Lalukan sampai semua roti siap.
Panggang 10 menit, bisa dengan oven atau menggunakan happycall. Angkat dan siap dibawa buat makanan selingan anak di sekolah.


Menu makan siang,
-Goreng udang tepung 10 bh
- Sayuran :
  1 bh brokoli ukuran sedang, potong2 sesuai kuntum
  2 bh wortel, kupas & potong serong
  6 bh baso potong jadi 4 bagian.
  2 siung bawang putih, cincang kasar.
  1 sdm saos tiram
  2 sdm minyak goreng.
  1 gelas air


Cara membuat:
Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih sampai harum, masukan wortel dan beri air.  Masukan saos tiram & garam, setelah wortel agak lunak masukan brokoli. Setelah brokoli agak layu beri sedikit gula, agar lebih gurih. Angkat & siap buat bekal buah hati Anda.


Warna sayuran dapat menarik selera makan anak. Mudah & praktis bukan?  Usahan menjadi kreasi yang menarik bagi anak-anak, agar anak tidak biasa jajan dan makanan rumah tentu lebih sehat.

Kebiasaan membawa bekal akan terus dibawanya sampai dewasa. Anak-anak saya, selalu bawa bekal  sejak TK, SD, SMP, SMA bahkan kuliah tetap membawa bekal dari rumah.  Kini ke kantor tetap membawa bekal. Biasakan anak-anak Anda membawa bekal.


#SatuHariSatuKaryaIIDN

8 komentar:

  1. Mbak bentuk udanya lucu ya...gampang lagi bikinnya. Mau coba nanti ah..
    Makasih respnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dian, mudah & anak2 suka. Selamat mencoba, sama2

      Hapus
  2. Mbaak Sriiie, aduh jagonya masak Mbak. Kalo tetanggaan pasti saya ngerayu pengen pesan hihiiihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga jago kok Mba Dira, seneng aja bikin kreasi biar anak2 senang. Makasih udah mampir

      Hapus
  3. Malam malam jadi ngiler saya.. Hahahhaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja, gampang kok. Udangnya bisa disimpan, klo kepingin tinggal goreng...hehhe
      Makasih loh udah mampir

      Hapus
  4. Waaah, ini mah levelnya udah chef. Nggak nyangka kalo mantan pramugari, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah...tersanjung nih aku dibilang chef. Cuma modal berani nyoba aja kok Mba Laila...hehhe
      Makasih ya udah mampir

      Hapus