Senin, 29 Januari 2018

KIAT SEDERHANA UNTUK TETAP SEHAT




Dulu jaman saya masih SD, untuk sehat dikenal dengan nama “Empat Sehat Lima Sempurna”.  Di sekolah dibagikan susu   satu kali dalam seminggu, sebagai lima sempurna. Sementara yang empat sehat, berupa nasi beserta lauk pauk. Naaah….sekarang bukan lagi empat sehat lima sempurna tapi “Gizi Seimbang”  berisi makanan lengkap dan air minum seperti gambar dibawah ini yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan.

Segi tiga Gizi Seimbang
Gizi Seimbang adalah susunan hidangan sehari, berupa  zat-zat gizi dalam jumlah dan kualitas             yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat Hidup Sehat. Berdasarkan keanekaragaman makanan, setiap makanan memiliki manfaat tersendiri sehingga dapat saling melengkapi. 

Manfaat Gizi Seimbang,  agar tubuh mendapat asupan zat-zat gizi untuk : aktivitas (Energy), pengaturan proses dan fungsi organ-organ, pertumbuhan, pengganti dan pemeliharaan jaringan, sel  tubuh. Zat-zat gizi dalam makanan dapat dikelompokkan : 

Sumber Tenaga      : Hidrat arang, Lemak dan Protein (Nasi, roti, singkong, ubi, jagung, talas &  Mie)
Pembangun Tubuh : Protein, Air dan Mineral (ikan, telur, tahu, tempe, susu, kacang hijau & air putih)
Pengatur                 : Vitamin, Mineral dan Serat (buah-buahan & sayuran).



Untuk  bisa hidup tetap  sehat tidak selalu mahal dan rumit, banyak cara  amat sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah. Berikut  kiat  untuk bisa tetap  sehat :

1.    Minum banyak air. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari, karena air   berfungsi untuk berlangsungnya fungsi tubuh.  
2.       Makan buah-buahan segar sebelum makan.
3.       Mengkonsumsi  aneka ragam makanan yang aman untuk kesehatan.
4.       Hindari makanan banyak lemak dan junk food.
5.   Olahraga  secara teratur, bisa dengan berjalan kaki selama 20-30 menit & lakukan minimal seminggu 2 kali atau jalan 10.000 langkah/hari, karena olahraga juga terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan tidur, depresi, meningkatkan daya ingat dan kekuatan tulang yang lebih baik.
6.       Istirahat  yang cukup, tubuh butuh istirahat 7-8 jam sehari.  
7.       Membiasakan  hidup bersih.
8.       Berpikir positif dan membangun hubungan baik dengan orang sekitar.

Cukup sederhana kan dan dapat dilakukan untuk keluarga di rumah. Ingatlah untuk  hidup sehat, tidak selalu mahal. 

#SatuHariSatuKaryaIIDN

2 komentar: