Selasa, 30 Januari 2018

DAHSYATNYA MANFAAT JALAN KAKI




Sebagian dari kita mungkin kerap menyepelekan aktivitas  berjalan kaki. Padahal, makin banyak penelitian yang membuktikan manfaatnya. Setidaknya ada 7 manfaat jalan kaki yang bisa dilakukan sebelum bekerja atau beraktivitas lainnya. Mari telusuri 7 manfaat tersebut:


  • Menekan risiko serangan jantung dan stroke


Berjalan kaki berfungsi memperderas aliran darah ke dalam coroner jantung. Kondisi tersebut juga berfungsi melatih kelenturan otot jantung. Fakta mencatat bahwa jalan kaki mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke hingga 50 %.

•Menjaga berat badan

Ternyata dengan membiasakan diri berjalan kaki rutin, laju metabolism tubuh meningkat. Selain  sejumlah kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolism tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

•Mencegah kencing manis

Menurut data Nasional Insttitute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases, berjalan kaki berkecepatan sekitar 6 km per jam selama satu jam secara teratur ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk.

•Mencegah osteoporosis.

Dengan gerak badan dan berjalan kaki cepat, tulang belulang juga ikut beraktivitas. Untuk mengoptimalkan metabolism kalsium, selain paparan cahaya matahari pagi, dibutuhkan juga gerak badan.

•Meredakan encok lutut 

Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa mereda. Untuk mereka yang mengindap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk  memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.

•Meredakan depresi

Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki cepat juga membantu pasien dengan status depresi. Studi ihwal terbebas dari depresi dengan berjalan kaki sebenarnya sudah diketahui lebih dari 10 tahun.

•Mencegah kanker usus besar

Gerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara.

Dahsyatnya manfaat berjalan kaki  akan  mendapatkan hasil yang diharapkan, apabila dilakukan  secara rutin dengan waktu yang tepat  


#SatuHariSatuKaryaIIDN

7 komentar:

  1. Saya juga suka jalan kaki Mbak Srie..Mudah dan Murah:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dian...apalagi untuk orang seumur saya. Makasih sudah mampir

      Hapus
  2. Wah banyak sekali ya manfaat jalan kaki. Kadang jarak dekat beli bakso aja naik motor huhu. Ok fix mulai hari ini dibiasakan jalan kaki. Selama bs ditempuh dengan jalan kaki, jalan aja :)

    BalasHapus
  3. Ternyata sudah pernah mampir ..hihihi..saya lupa. Enggak apa-apa main ke sini lagi. Oh ya, Mbak kemarin nanya, rumah saya dekat al azhar kembangan Mbak, anak-anak sekolah juga di sana (SD dan SMP), sama kayak putra-putri mbak Srie..:)

    BalasHapus
  4. Dahulu kala, jalan kaki adalah kerjaan saya setiap hari. Sekarang, duh...sudah tidak kuat. Apakah karena faktor obesitas? Curcol hahaha...

    BalasHapus
  5. Jalan kaki memang seruuu sekali yaa Bunda Srie, pikiran jadi fresh dan happy. Kalau bawa Musa jadinya selalu lari-lari hihihi

    BalasHapus