Senin, 09 Januari 2017

JALAN JALAN GA HARUS MAHAL

Memanfaatkan liburan  natal yang lalu, aku  ngajak jalan-jalan cucu. Memang aku udah  janji mau ngajak naik busway dan  Intinya sih mau  berkeliling Jakarta.  Bayangin  bisa keliling Jakarta hanya dengan uang Rp. 3.500,- atau nyambangin wisata  yang ada di Ibu Kota NKRI ini dengan gratiiiiiis.

Ternyata  dari lokasi yang ga jauh dari rumah  kita naik busway, tapi  karena liburan  penumpang busway yaaa…..anak-anak & emak-emak yang  punya niat sama dengan akuh.   Yoo…. wis   tuh  krucil  saking senengnya  pada  ga mau duduk.  Di busway maunya pada  wara wiri, padahal jalan aja blom jejeg….hahahaha.   Pokoknya rempong  tapi seruuuu….trus  maunya pegangan gelang-gelang yang untuk pegangan kalau panumpang berdiri, jadi glantungan gitu eeen…dia pada ketawa seneng.

Jadi inget waktu anak pertama aku ajak naik bus, dulu bus patas. Kalau ada penumpang naik, dia keliatan bingung & akhirnya dia teriak  “Pak sopir, jangan naikin orang terus dong jadi penuh busnya.” Penumpang bus pada ketawa dan si sopir ngakak, sambil bilang “siap bos.”…hehehehee…..

Dari tangerang kita naik busway dengan rute Poris-Bunderan Senayan & transit di Gelora Bung Karno, trus nyambung yang ke kota. Kita turun di shelter Monas, letaknya persis di seberang Musium Gajah. Ngantrilah kita untuk naik bus wisata menuju Kota Tua, nunggu hanya 10 menit bus wisata tingkat datang.  Waaah….kita langsung naik ke lantai atas  setelah mendapat karcis dari mas kondektur, daaaan…krucil  wara wiri dilantai bus sambil melihat ke luar jendera.  Rute pertama bus wisata yang kita naiki  dari Monas- Harmoni-Pasar baru- Masjid Istiqlal, kita transit untuk naik menuju Kota Tua.

Yuhuuuuu……bus wisata kedua yang kita tumpangi menuju Kota Tua dan rute yang dilalui dari Masjid Istiqlal-Harmoni-Gedung Arsip dan terakhir Kota Tua. Mba Kondekturnya ramah & cantik, ga seperti Mas Kondektur bus yang pertama…jutek bingit.  Akhirnya kita mendarat di Kota Tua, karena hari libur pelataran penuh dengan pengunjung. Namun krucil masih bisa berlarian, dan Laeka b’gaya  kayang saat difoto. Dia bilang “Eyaaang….pegangin tangan aku…”…hahahha…anak sekarang, masih pentil udah pinter gaya.

Musiumnya tutup, tapi pengunjung bisa  bersepeda  sewaan yang berwarna warni. Uang sewa Rp. 20.000 sekali sewa atau befoto ria dengan cewek  yang berdandan ala noni-noni belanda, lengkap dengan payung rendanya. Pedagang asongan & kaki lima  juga ikut meramaikan arena Kota Tua.  Puas  main disana dan perut juga udah  protes minta diisi, kita  berkeliling melihat  resto yang ada tapi semua penuh.  Begitu juga dengan   toilet hanya ada satu dan bersatu dengan musholah,  pengap banget tempatnya.

Kita memutuskan kembali dengan   busway & isi perut dulu di sarinah, lalu kembali ke monas untuk main di taman. Tapi ternyata Monas dan Musium setiap hari senin ternyata tutup, tapi ga ada keterangan peraturan itu. Akhirnya aku masuk ke kantor polisi yang dekat situ & meminta penjelasan, ternyata setiap senin semua obyek wisata yang dikelola  Provinsi DKI   Jakarta tutup, karena untuk perawatan. Catet ya!!!......Kasian pengunjung dari daerah, hanya pasrah berdiri di depan pintu gerbang yang tertutup.

Akhirnya kita putuskan menuju Taman Menteng…cuuus….krucil seneng bisa  manjat, main prosotan, ayunan dan  berlarian di taman tersebut yang makin sore makin penuh. Ini mungkin salah satu Ruang Publik Terbuka  Ramah Anak yang merupakan taman bermain anak, lengkap dengan fasilitas permainan bahkan ada yang dilengkapi dengan perpustakaan.  Sampai disini jalan-jalan liburan kita, yuuuk  mari pulang.
Jalan-jalan ternyata ga selalu harus mahal, ongkos jalan lebih murah dari ongkos kita maksi. Bagi siapa saja yang  mau mencoba naik bus wisata gratis, asal anda naik dari halte bus wisata di Jakarta silakan coba.

Bus Wisata mempunyai 3 rute yaitu :  History of Jakarta melayani pelanggan menuju museum dan lokasi-lokasi bersejarah, lalu Shopping Experience/Jakarta Modern yang merupakan tempat-tempat belanja di Jakarta  dan  Art and Culinary   yang khusus  ke tempat-tempat kuliner, seperti  Balai Kota, Pecenongan dan Kota Tua.

Waktu operasi Bus Wisata ini, Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00 WIB. Hari Minggu mulai pukul 12.00-20.00 WIB dan khusus bus wisata Art & Culinary beroperasi hari sabtu pk. 17.00-23.00 WIB. Bus ini gratis bagi siapa saja yang akan city tour di Jakarta & setiap penumpang akan diberikan karcis oleh petugas. Bus ini adalah bus tingkat yang terdiri dari 69 kursi, ber AC yang nyaman bagi penggunanya. Menurut info Provinsi  DKI Jakarta saat ini memiliki 22 unit hasil sumbangan dari beberapa perusahaan.

Program ini  untuk mendorong wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, yang  bertujuan   memberikan kemudahan bagi  wisatawan atau pun masyarakat  di Jakarta untuk menikmati keindahan dan kemacetan kota Jakarta ini. Pengemudinya semua wanita loh dan cantik-cantik.

Rute & Jalur Halte Pemberhentian Bus City Tour Jakarta
Halte Bundaran  Hotel Indonesia – Halte Museum Nasional – Halte Pecenongan – Halte Pasar Baru – Halte Masjid Istiqlal – Halte Monas 1 – Halte Monas 2 – Halte Balai Kota – Halte Sarinah.
Halte Masjid Istiqlal (Monas 1) -  Harmoni- Gedung Arsip – Kota Tua dan ada baiknya sebelum naik, sebelum naik ada baiknya  Anda bertanya kemana tujuan bus tersebut.
Liburan ga selalu mahal dan anak-anak juga seneng,  Anda mau coba?.... monggo siapa aja boleh naik bus wisata gratis tapi harus di Jakarta….hehhehehe