Senin, 10 September 2018

FARM HOUSE, FLOTING MARKET & DE' RANCH DI LEMBANG




Farm House
Mengisi waktu liburan lebaran tahun lalu, aku diajak anak & menantu jalan-jalan ke Lembang-Bandung. Aku juga ngga tanya  obyek wisata apa yang akan dkunjungi, manut aja pokoknya. Jalan-jalan ini sudah direncanakan sejak 6 bulan sebelumnya, kata si Kakak. Besan juga bilang, “Kita ke Lembang ya Bu?” Aku hanya mengagguk dan melempar senyum.  Sementara orang-orang Jakarta pada mudik lebaran, kita jalan ke Lembang  dengan peserta   kakak + istri, si Ade, aku + suami dan besan beserta kakaknya menantu.


Rumah Hobbit
Untuk berangkat kita janjian bertemu di rest area Karang Tengah jalan tol Merak-Kebon Jeruk, pada jam setengah enam pagi. Setelah isi bensin, shalat subuh dan ngatur perbekalan.  Jam enam kita  meluncur membelah jalan tol  yang  sepi, karena  ditinggal warganya  mudik.  Kita jalan beriringan dan  tepat jam setengah Sembilan, mobil pertama  langsung berbelok ke kanan dan memasuki area  wisata yang  bertuliskan  FARM HOUSE Lembang.  Ternyata belum buka,   maklum kita tiba setengah jam lebih awal dari jam operasionalnya. Tapi  rombonganku bukan  yang pertama, karena sudah cukup banyak  mobil yang terpakir.   Udara dingin langsung menyergap saat aku keluar dari kendaraan, si Ade merai jaketnya, “masih dingin, Ma”. 

Arsitektur Eropa di dalam farm house
Siapa sih yang ngga kenal   Bandung, dengan wisata alamnya yang indah  dan menjadi  salah  satu tujuan wisata favorite di Indonesia.  Salah satu  obyek  wisata tersebut   Farm House ini, yang  berlokasi  di Jalan Raya Lembang  Kabupaten Bandung Barat. Dengan membayar uang masuk sebesar Rp. 25.000,- dan tiket tersebut dapat ditukar dengan segelas susu  aneka rasa atau sosis bakar.

Baju Eropa g bisa di sewa
Mulailah kita masuk dan berpetualang di dalam, sambil meneguk segelas susu. Sayangnya ngga ada susu hangat, semua dalam keadaan dingin. Wisata alam Farm House yang resmi dibuka  pada tahun 2015, menawarkan   konsep unik, yang menggabungkan perkebunan dan peternakan ala eropa.  Pemandangan pertama terlihat hamparan taman bunga nan indah  ala eropa, dan beragam bangunan dengan arsitektur  khas  eropa klasik.  Pengunjung bisa menyewa baju tradisional bergaya eropa, yang dapat digunakan untuk foto dan berkeliling, dengan harga sewa per baju  sebesar Rp. 75.000,- Selain baju tersebut, tersedia juga   baju Indian Apache yang dapat disewa.

Di rumah Hobbit sama Juragan
Wisata ini juga menyajikan area rumah Hobbit yang  dibuat semirip mungkin, tapi Anda harus membungkukan badan  bila memasuki rumah hobbit tersebut. Setiap sudut tempat ini menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto, salah satunya lobang-lobang  mirip saluran air.
        
Kerjaan anak2 nih,..hahaa
Tempat ini juga memiliki  kebun binatang mini dengan satwa seperti, angsa, kelinci, iguana, burung, sapi, kambing dan domba. Pengunjung dapat berinteraksi  dengan satwa tersebut, bahkan dapat memberi makan domba yang dilepas di suatu arena.  Domba tersebut menggunakan  celana, agar tidak  mengotori  area  tersebut.  Selain bulunya yang bagus dan bersih,  makanannya  pun cukup  wortel.   Pengunjung dapat membeli wortel di arena tersebut seharga Rp. 10.000,-/ikat. Di jamin anak-anak akan sangat senang bermain dengan satwa-satwa tersebut.

kebun binatang mini dgn kambing & si Ade minta tuh kambing dibawa pulang
Mau yang romantis?  Farm House menyediakan lokasi yang diberi nama Peony & Pine, pengunjung dapat mengabadikan perasaannya dengan pasangannya  dalam    sebuah  Gembok Cinta seperti  yang berada di Jembatan Pont des  Arts Paris.  Pengunjung  dapat membeli aneka souvenir  dan  mencicipi aneka kuliner termasuk  Rumah Pisang, yang menjual  aneka olahan pisang. Farma House ini buka pada pk 09.00-21.00 WIB.

Ade dengan kelinci
Floating Market Lembang

Setelah puas menikmati  indahnya Farm House, perjalanan dilanjutkan ke Floating Market yang lokasinya  masih di Lembang. Floating Market  menawarkan wisata   terpadu  yang unik, dengan konsep menggabungkan pesona alam khas pegunungan lembang dengan sebuah  pasar terapung tradisional. Wisata keluarga ini wajib disambangi  dengan  arena pemainan anak yang mendidik.  Ada beberapa wahana yang ditawarkan, sebagai berikut :

Bersampan

Bersampan
Anda dapat  menyewa  sampan untuk berkeliling danau  dan  dapatkan moment foto terbaik  dengan background pegunungan yang ada   tulisan Floating market.  Sewa sampan sebesar Rp 70.000,- selama  30 menit dan dapat  diisi   empat orang.  Atau  menyewa sepeda air dan kano, seharga  Rp 50.000 untuk dua orang selama 30 menit.  

Taman Kelinci
Taman kelinci merupakan lokasi terbaik bagi buah hati Anda, anak-anak dapat berinterasi dengan memberi makan kelinci-kelinci yang lucu dan tentu jangan dilewatkan moment tersebut untuk diabadikan.

Becak Mini
Mau mencoba menjadi pengayuh beca?  Di tempat ini  Anda dapat mengajak buah hati  berkeliling dengan beca mini unik yang Anda kendarai.  Dengan hanya merogo kocek Rp.20.000 saja,  Anda mendapat  kesempatan empat kali memutari trek becak mini tersebut.

Taman Miniatur Kereta Api
Wahana lain yang tidak kalah menarik adalah Taman miniatur Kereta Api di Padalarang, yang dibuat sangat mirip dengan aslinya dan  lengkap dengan jembatan Cikubangnya.  Ini  merupakan salah  satu tempat yang patut  diabadikan, karena cukup unik dan spetakuler  dan  Anda kan terlihat seperti raksasa.

The Rock
The Rock  merupakan  salah satu  obyek wisata di lingkungan floting market  berupa  taman batu.  Wahana ini didesign dengan dekorasi buatan yang terbuat dari fosil kayu, tampak natural  yang berlokasi  dekat   tempat parkir kendaraan roda dua.  Jika Anda pernah berkunjung ke taman batu di Bandung Stone Garden Padalarang, sebelas dua belaslah  dengan the rock.

The Rock
Play Ground
Floating Market Lembang Bandung ini merupakan  tempat  wisata keluarga, maka pengelola menyiapkan fasiltas yang lengkap untuk anak-anak. Ada  arena bermain anak yang populer seperti taman Miniatur Kereta Api, Kampung Leuit,  Area pancing Magnet, tempat fauna,  Kereta Api Mini dan lainnya yang dinikmati bersama keluarga.

 Jalur Track
Anda juga dapat  menikmati  kawasan  Floating market yang luas, terdapat  danau dengan latar belakang  pegunungan dan perbukitan. Mau menikmati keindahannya dengan berjalan kaki?   Pengelola sudah menyiapkan jalur trek  bagi pengunjung  yang ingin berjalan kaki  sambil menikmati  keindahan wisata  tersebut, bersama keluarga, teman atau pasangan.

Wahana  Terbaru
Dalam perkembangannya, floting market terus berusaha  memenuhi kenyamanan pengunjung dalam mengisi liburannya bersama keluarga dengan menambah beberapa wahana, yaitu:

Hijab Swimming Pool  
Wahana ini masih terbilang baru dan dikhususkan  bagi para wanita berhijap. Kolam renang khusus ini  agar para wanita hijaber dapat nyaman berenang.
 
Situasi Kampung Jepang &  Korea
Kampung Jepang
Kampung Jepang Kyoto juga termasuk wahana baru  di  Floating Market Lembang yang menawarkan eksotisme arsitektur bangunan jepang dan suasana negeri sakura. Di wanaha ini, Anda dapat menyewa baju kimono  Jepang  dan baju  tradisional Korea,  sudah termasuk aksesoris dan sepatu juga lho. Untuk berfoto di dalam studio, ada biaya tambahan. Kalau aku lebih memilih foto di luar studio, karena  lingkungannya  mendukung banget untuk berfoto ria. 

Rainbow garden
Rainbow Garden
Wahana baru di floating market yang menawarkan eksotisme yang cukup unik, dimana 80 persen tanaman bunga yang ada di sini bisa dimakan, adalah Rainbow Garden atau taman bunga aneka warna. Penasaran?..Silakan datang dan buktikan sendiri.

Kota Mini
Kota Mini Floating Market Lembang, juga wahana terbaru yang  disiapkan pengelola, pengunjung dapat merasakan berada  di   eropa. Di wahana ini terdapat bangunan mulai dari rumah sakit, bank, sekolahan dan lainnya yang dibuat  sangat mirip dengan aslinya. 

Kota Mini
Para pengunjung juga  dapat menikmati serunya berbelanja buah-buahan,  sayur mayur dan kuliner  khas Jawa Barat di atas perahu terapung.  Namun hanya  tempat jualan aneka makanan saja yang ada di dalam perahu, sementara pembeli tetap  di darat di deretan tempat   yang telah disediakan.

PERLU DIINGAT!!
Hal penting  yang perlu di ingat, untuk dapat  belanja  di floting market, pembayarannya  menggunakan coin khusus.  Untuk mendapatkan koin,  Anda  dapat   menukarkan uang dengan sejumlah coin   secukupnya saja.    Nah coin inilah yang nanti digunakan untuk membayar makanan disini.

Menurut  info,  pada tanggal 17  Agustus 2018  telah dibuka wahana  baru  yang bernama  Windows of Indonesa”  Wahana  tersebut  menyediakan   berbagai macam busana atau pakaian adat se-nusantara yang dapat  digunakan pengunjung dengan cara sewa.  

 Jam Operasional:
 Senin – Jumat, buka  pukul 09.00 – 17.00 WIB
 Sabtu – Minggu dan hari libur, buka  pukul 09.00 – 20.00 WIB

Alamat Floating Market Lembang: di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  

Harga tiket masuk  sebesar   Rp 20.000/orang, di luar harga tiket wahana di dalamnya.  

Harga Tiket di Floting Market
Setelah lelah menyusuri  floting market dan mencicipi kulinernya,  kami  pulang  dan menginap di hotel Grand Rani yang tidak jauh lokasinya dari  Farm house.  Hotel tersebut tidak terlalu besar, tapi kamarnya bersih dan suasananya  cukup nyaman.  Kamarnya cukup luas dengan  tiga tempat tidur  dan  including sarapan pagi.  Untuk makan malam juga tidak terlalu sulit,  beberapa ratus meter diseberang hotel terdapat warung tikungan  yang bisa memuaskan perut Anda dengan harga terjangkau.

Seharian  berwisata ditambah  perut juga sudah kenyang, akhirnya kita tertidur pulas.  Disergap rasa dingin yang menusuk tulang  saat  berwudhu, rasanya ingin Tarik selimut  lagi…hehehe….. Tapi kalau mau tidur mah, di rumah aja kali ya…  Akhirnya keluar kamar dan melemaskan kaki berjalan keluar, bahkan bencoba berlari-lari kecil sambal melihat-lihat lingkungan hotel. Wooow…. ada kolam renang dan tanpa babibu, aku balik ke kamar untk ganti baju, lalu berenaaaaang……

Puas berenang, anak-anak  bilang jam delapan kita  berangkat lagi, sekalian  check out.  Sarapan yang tersedia ada bubur ayam, nasi goreng, roti dan teman-temannya. Ternyata hotel tersebut penuh, maklum karena hari libur. Menurut menantu biaya per kamar/ malam Rp. 500.000,- dan kalau bukan liburan bisa dibawah itu harganya, aku booking via traveloka.  Hotel Grand Hani, beralamat  di  Jl. Raya Lembang KM.12, 1 No.15, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

De Ranch Lembang


Tujuan berikutnya ke  De Ranch Lembang yang terletak di  Jl. Maribaya No.17 Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  Tempatnya strategis, ngga jauh dari pusat kota Lembang sehingga mudah dijangkau dan tempat parkirnya cukup luaaas.

Di pintu masuk kita disambut dengan segerobak tanaman hias yang cantik dan saat masuk ke dalam…wooow…kereen, tapi  harus bawa topi atau payung, karena  lapangan luas itu  panas. Wisata keluarga ini mengusung konsep   Western/Cowboy.  Diujung lapangan Nampak  seorang anak   menunggang kuda, bahkan tersedia  kostum koboy lengkap dengan topi dan sepatunya.  Beberapa wahana yang dapat ditemui di De’ Rach, adalah:

Di depan rumah coboy sama juragan
Berkuda
Pengunjung   bisa  menyusuri kawasan peternakan kuda,  sapi, area padang rumpun dan tempat lainnya yang dijamin asyik  dengan  menunggang  kuda yang bisa di sewa.   Anakku mengajak berfoto di rumah coboy, lalu melipir ke tempat penyimpanan kuda dan foto bareng kuda deh.  Juragan juga ngga mau kalah, minta foto bareng di area rumah coboy.  Aku pun melihat  seseorang  naik kuda dengan  kostum layaknya suku indian amerika,  tentunya  didampingi oleh pengawas yang berpengalaman.   Disamping   kuda besar, tersedia  juga kuda poni kecil yang bisa ditunggangi anak-anak.  

Full Team my family
Delman Mini
Selain kuda, tersedia juga delman mini yang bisa pengunjung    naiki bersama anak. Pasti  si kecil  senang, karena   pengalaman baru baginya.  Delman mini ini berukuran  kecil  dan hanya  bisa memuat   2-3 orang saja, agar pengetahuan Anda bertambah tentang  De Ranch, wawancara aja kusirnya. 
  
Permainan Air
Anak-anak ngga berani naik kuda atau delman?  Jangan  takut,  ada   permainan air yang bisa dipakai bersama seperti   Fun Boat, Balon Air, memancin untuk balita, dan lainnya.  Disamping itu juga ada area bermain anakcukup mengawasi sambal beristirahat, seperti  :  perosotan, ayunan, junkat-jungkit, dan lainnya.

Ade lagi ngasih susu anak sapi
Anak bungsuku  & menantu malah sibuk memberi susu seekor sapi dengan dot. Sebotol susu dibandrol dengan harga Rp. 20.000,- Emaknya sibuk cari makanan…hehehhe

Ngobrol sama  Mamang penjaga  sapi,  ternyata  tempat  awalnya adalah  peternakan kuda biasa. Namun pemiliknya  melihat potensi yang ada, lalu  dikembangkan menjadi wisata keluarga dengan dengan   konsep koboy yang kental yang resmi dibuka untuk umum pada tahun 2007.  De’ Ranch    saat ini menempati areal seluas 5 Hektar.  

Anak & menantuku rebutan ngasih susu ke anak sapi
Fasilitas lain yang ada di De Ranch sebagai berikut:

Factory Outlet  yang   menyediakan berbagai macam aksesoris cowboy mulai dari topi, rompi, sepatu dan lainnya. Juga sediakan aneka cendera mata lengkap dengan kerajinan khas De Ranch.

Tempat Kuliner, tersedia  aneka pilihan menu  seperti  Nasi Goreng, Batagor, Siomay, Ikan Bakar, Ayam Goreng hingga Mie Bakso dan  menu unik  khas bandung  Tahu Peletok, Tempe Mendoan, Jagung & ketan bakar.  Anda harus mencoba menu   andalan De Ranch, yaitu  sosis bakar khas De Ranch Lembang.

View di De'Ranch
Anda penyuka tanaman hias ?  Jangan khawatir   De’Ranch  menyediakan berbagai   jenis tanaman hias dan bunga potong yang bisa Anda beli.  Fasilitas ini melibatkan petani bunga dan tanaman hias dari masyarakat sekitar.
 
Bingung  harus mampir beli oleh-oleh?   Tenang aja,  toko oleh-oleh juga tersedia di sini, Anda tinggal pilih yang paling diinginin.

Harga Tiket   Tiket Masuk cukup murah, yaitu Rp. 15.000 dan tiket dapat di tukar  dengan segelas susu sapi murni.  Harga tiket tersebut tidak termasuk harga tiket diarena permainan di dalam.

Indonesia tuh ngga kalah sama negara lain dan hebatnya wisata alam Indonesia  asli ciptaan yang Kuasa, hanya perlu dipoles  biar tambah  keren. Sementara  banyak negara lain, wisata alamnya adalah buatan.   Jadi Ok guys…….jangan lewatkan obyek wisata tersebut diatas, apabila berada di lembang dan itu baru dari satu kota di Indonesia.  Masih perlu disambangi kota-kota lainnya, seperti  Dieng di Wonosobo dan lainnya..

30 komentar:

  1. Akhirnya dibagi juga cerita waktu ke Lembang sama Mbak Srie...
    Makasih, bisa jadi referensi ini.
    Floating market dan De Ranch, juga hotel Grand Rani..oke oke. Noted. Nanti kapan kalau jadi intip lagi artikel inin:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa....maaf Mba Dian, baru sempat buat. Semoga manfaat tp dijamin anak2 susah diajak.pulang..hahaha

      Hapus
  2. Asyik banget jalan-jalannya, Bun. Nggak pakai tidur, ya. Jalan teruuus. Liburan bareng keluarga memang selalu menyenangkan ya, Bun. Salam untuk keluarga tercinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya asyiik Mba. Tidur dunk, nginap semalam & besoknya lanjut lagi...makasih. salam juga untuk kel.

      Hapus
  3. Wah, ada Hijab Swimming Pool, muslimah jd bebas berenang

    BalasHapus
  4. Udah pernah ke farmhouse sama floating market, yang belum ke de ranch. Ngeliat ulasan ini muncul kembali rasa pengen itu. Duh bikin mupeng wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha...dr De'Ranch ke taman bunga Begonia & dusun Bambu..keren juga loh disana & msh di lembang juga

      Hapus
  5. Seru ya mba, apalagi liburan bareng anak-anak bikin mereka ga mau pulang.

    BalasHapus
  6. Noted! Wajib dijadikan destinasi liburang keluarga inih. Makasih mba cerita dan photo-photonya.

    BalasHapus
  7. Waah... Aku las ke bandung gak sempet mampir nih. Haha... Keren banget tempatnya... Mupeeng

    BalasHapus
  8. Wuaaaa kayaknya gak cukup seharian ya Bun keliling semua wahananya hehe.. sip dah besok ke Bandung mampir ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo bawa anak2 sepertinya ga bisa, aku aja 2 hari..hihihi

      Hapus
  9. Memang farm house enak buat rekreasi, bisa bermain sambil belajar.

    BalasHapus
  10. Wah kampung Jepang di Floating Market Lembang sama kayak di The Legend Star, kota Batu. Tapi seru ya liburannya Bu Srie, bisa non stop gini :) Duh salfok sama foto berdua sama Bapake, kerjaan anak2 yang bikin bahagia ya Bu,hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...oh gitu ya. Di small world Baturaden juga ada. Seru banget Mba Septi...iya anak2 suka.iseng gangguin ..hahhaa

      Hapus
  11. tempatnya asyik ya, mbak. aku paling suka dengan konsep wisata seperti ini. disatu area, tapi pilihannya banyak. jadi sekali melakukan perjalanan banyak hal yang bisa dilihat. lihat foto-fotonya, aku bisa merasakan kebahagiaanmu mbaaaak. hasyyeeek. mesra terus euy. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mba, itu pertama kali pergi bareng besan. Seneng banget deh...hehhe

      Hapus
  12. Waah, lengkap dan keren2 nih wahana-nya. Pernah baca sekilas, tapi yg ditulis Bu Srie ini lebih lengkap. Sukses bikin saya mupeng, hehe. Kapan ya bisa ke sana? Pasti anak2 seneng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih....harus kesana..pasti lah anak senang.
      Hehhe

      Hapus
  13. Seruuuuuuuu ... ngiri ah sama Bunda Srie, sering banget melancong. Tapi kok mahal banget, ya, sewa bajunya 75ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mahal...di purwokerto cuma 25 rb..saya juga ga sewa..males gantinya..hahha

      Hapus
  14. Romantis banget ini bunda. Duh bikin baper yang muda. Nabung ah...siapa tahu bisa bulan madu ke sana. Hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...waah..asyik tuh buat bulan madu, tempat tenang & dingin

      Hapus
    2. Hahaha....wah asyik tuh buat bulan madu, tempatnya tenaang & dingin. Pasti ga mau pulang

      Hapus
  15. Ah tulisannya bikin pengen pelesiran nih,, soalnya ke Lembang emang belom pernah, tapi kalau ke daerah Bandung lainnya sih udah pernah...

    BalasHapus