Selasa, 30 Oktober 2018

MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN




Siapa yang tidak mengetahui madu? Cairan kental berwarna kuning kecoklatan yang manis rasanya. Madu dihasilkan oleh serangga kecil yang bernama lebah madu,   walau bertubuh kecil,  lebah madu  begitu bermanfaat bagi umat manusia.

Sejak ribuan tahun madu sudah menjadi sumber makanan  yang digunakan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Sebagaimana tercantum pada 5 kitab suci  agama yang ada di Indonesia, di dalam  Al Qur’an   Surat An Nahl ayat 68-69, dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan   pada Konfrensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Konferensi tersebut membahas pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari (pollen), dan propolis dapat mengobati berbagai penyakit. Bahkan seorang dokter Rumania mengatakan bahwa ia telah mengujikan madu untuk pengobatan pasien katarak, dari  2094 pasien yang diuji, 2002  pasien dinyatakan  sembuh total. 

Keajaiban Madu

Tahukah Anda bahwa madu  merupakan sumber makanan penting bagi manusia yang diberikan Allah untuk umatnya?  Serangga kecil ini  menghasilkan madu yang  didalamnya terkandung    beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin A, vitamin B komplek dan vitamin C  yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar serta enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme didalam tubuh. Protein, asam organik, hormon  dan senyawa antimikroba    yang terkandung di dalam madu, berkhasiat sebagai antibiotik  alam.

 Madu dapat dikonsumsi oleh segala tingkatan umur, mulai dari janin sampai orang tua. Madu dengan kandungannya memiliki sifat stimulant secara langsung, yaitu memperbaiki selera makan, membantu proses pencernaan karena madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitive sekalipun.   


 Manfaat Madu bagi Kesehatan 

-          Madu  berkhasiat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan.
-          Madu dapat membantu menjaga stamina   ibu hamil   dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin. 
-          Madu   membantu sistim pencernaan,  penyakit maag,   anemia dan gangguan sembelit.

 Produk lain dari Lebah Madu

Madu bukan merupakan satu-satunya produk lebah  yang telah terbukti memberikan keuntungan bagi manusia. Lebah madu juga mengahasilkan Pollen, Propolis dan Royal Jelly yang sangat bermanfaat bagi manusia.

·      Bee Pollen merupakan serbuk berwarna emas yang berasal dari serbuk sari jantan pada bunga, yang dibutuhkan dalam proses penyerbukan. Lebah mengumpulkan pollen sebagai sumber makanan selain madu dan lebah hanya mengumpulkan pollen yang berkualitas baik, yang kemudian mencampurkannya dengan nektar bunga dan air liurnya.  Pollen ini mengandung 18 asam amino, 8 asam amino essensial, vitamin dan 28 mineral,  enzim dan ko enzim, 18 asam lemak penting, 11 karbohidrat dan 25-35% protein.  

·     Manfaat Bee Pollen  :

-       Untuk meningkatakn energi dan stamina, dimana para ilmuwan Cina menemukan bahwa pollen sangat bermanfaat bagi para olahragawan, dapat  membantu meningkatkan energi serta mengurangi rasa lelah.

-          Membantu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.
-          Sebagai antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya.

Propolis merupakan getah (resin) yang dihasilkan tumbuhan sejenis pinus dan bersekresi dengan air liur lebah yang disemprotkan pada sarang lebah, untuk melindungi  sarangnya dari serangan bakteri, virus, jamur dan musuh-musuh lebah lainnya. Dengan adanya propolis maka sarang lebah menjadi sangat steril bahkan disebutkan sebagai ruangan paling steril di dunia.  Propolis dikenal sebagai antibiotik alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami dan menurut penelitian  propolis mengandung  flavonoid, asam orbanat, fitosterol dan terpenoids.   

Manfaat Propolis   :
-          Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, virus, jamur 
-    Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya :maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar 
-          Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya : kanker tumor, mium, kista 
-          Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi
-          Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya : asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya..
-          Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat.

Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991; dalam propolis terdapat zat CAPE (Caffeic Acid Phenethyl Ester) yang berfungsi mematikan sel kanker Cara Kerja Propolis dalam melawan kanker : Propolis mengandung zat CAPE,   berbeda dengan kerja obat Interferon yang membunuh virus juga merusak sel sehat, sehingga pengobatan kanker sering kali menimbulkan pengaruh buruk kepada pasien.   , Zat CAPE pada propolis menekan tranformasi DNA-RNA virus sehingga memungkinkan virus menjadi tidak berkembang dan merusak jaringan virus. Dengan demikian virus bisa lenyap tanpa merusak sel-sel jaringan tubuh pasien kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%..  

Royal Jelly juga dikenal sebagai susu lebah, yang dihasilkan dari kelenjar hipofaringeal yang terdapat dibagian kepala lebah perawat dan merupakan makanan bagi lebah  dan ratu lebah. Royal jelly mengandung protein dan 20 asam amino, asam lemak essensial. vitamin, vitamin C dan vitamin E. Asam nucleat dengan ikatan DNA-RNA mempertahankan kerja seluruh sistim di dalam inti sel serta berbagai jenis mineral penting bagi tubuh.  Kegunaan-kegunaan royal jelly telah dibuktikan secara ilmiah oleh:

-      Y. T. Cho, seorang peneliti dari Cina, menyimpulkan kalau royal jelly bermanfaat menurunkan kolesterol dan trigliserida yang tidak normal.
-        Meningkatkan kesuburan dan memperbaiki reproduksi. Selain itu juga mengatasi nyeri saat haid/menstruasi dan mempunyai efek antipenuaan 
-    Membantu tulang dalam menyerap kalsium, sehingga mencegah terjadinya keropos tulang / osteoporosis.
-     Mempercepat proses regenerasi sel sehingga dapat sangat membantu proses penyembuhan penyakit akut seperti influenza, hepatitis akut, thypus, gagal ginjal, sirosis hepatis, stroke dan diabetes.

Bagaimana kita mengetahui bahwa madu tersebut asli atau tidak?   Madu yang berkualitas bagus kandungan airnya dibawah  20%, sehingga tidak mudah terjadi fermentasi.  Madu yang mengandung air diatas 20 % akan sangat mudah mengalami fermantasi dan pembusukan. Untuk mengetahui madu yang telah mengalami fermentasi, yatu apabila dibuka tutupnya akan terdengar bunyi blup. Hal itu disebabkan oleh alcohol yang ditimbulkan.

Madu yang memiliki kualitas terbaik adalah madu yang dihasilkan dari daerah gurun, karena kondisi kering gurun akan menghasilkan produk perlebahan dengan kandungan air yang sangat minim, sehingga tidak mudah  mengalami fermentasi dan pembusukan. 


#ODOP8




 

  

9 komentar:

  1. Wah banyak sekali ya Mba manfaatnya.. tapi kenapa ya perut saya kurang cocok kalo minum madu, langsung perih gitu..mgkn krn ada riwayat asam lambung juga.. jadi sampai skrg belum berani minum madu lagi

    BalasHapus
  2. Banyak banget manfaat madu ya, Mba. Kami di rumah juga suka sekali mengonsumsi madu, terutama anak-anak. Rasanya yg manis bikin anak suka.

    BalasHapus
  3. Kebetulan di rumah baru aja dikasih oleh-oleh propolis dari luar negeri. Kaget juga ternyata harganya selangit ya Bun hihihi.. dasar simbok katrok! Aku suka minum madu campur jeruk nipis atau teh. Seger

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, madu adalah salah satu minuman wajib di keluarga kami. Khasiatnya emang tokcer banget, Bun. Anak2 pastinya suka baik dioles di roti atau dilarutkan di dalam air hangat

    BalasHapus
  5. Madu enak rasanya dan byk manfaatnya. Jd hobi minum madu.

    BalasHapus
  6. Baru tau saya Mbak Srie
    Kalau madu yang telah mengalami fermentasi, apabila dibuka tutupnya akan terdengar bunyi blup. Lantaran alcohol yang ditimbulkan.
    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  7. Duluuu banget aku nggak suka sama madu karena manisnya itu. Semakin besar saat tahu manfaatnya madu malah jadi kebutuhan wajib di rumah. Anak-anak demam, sariawan, flu, pasti kukasih madu lebih dulu.

    BalasHapus
  8. Madu itu kesukaan keluarga kami. Makan roti tawar olesnya pakai madu. Hm yammi...

    BalasHapus
  9. Madu juga enak dipakai untuk masak mbak, udang bakar madu maknyuss deh #laper hahahhaa

    BalasHapus