Rabu, 10 Oktober 2018

GIGI SEHAT ITU KEBUTUHAN, BUKAN PILIHAN!

h

Hai  Readers…

Apakah para readers setia rutin merawat gigi & mulut?

Kalau saya nih, berkunjung  ke dokter gigi kalau sakit gigi  aja, hehehe… Namun untuk anak-anak, sejak kecil rutin saya bawa  kontrok ke dokter gigi. Bahkan dokter gigi  anak-anak, sampai sekarang   sudah dewasa ya masih dengan dokter gigi tersebut. Kalau Anda?

Untuk  urusan perawatan mulut dan gigi selama ini, saya hanya mengandalkan sikat dan pasta  gigi. Ke dokter gigi kalau ada masalah aja atau membersihkan karang gigi.  Kalau Anda bagaimana?

Rombongan bersama Karyawan Enzym
Naah…pada bulan agustus lalu, saya mendapat kesempatan berkunjung ke Pabrik pasta gigi ENZIM. Di sini  saya mendapat     pengetahuian tentang kesehatan mulut & gigi.  Memang cara mudah untuk mendapatkan gigi yang sehat dan bersih adalah dengan menyikat gigi, tapi  gosok gigi saja tentu tidak cukup.  Diperlukan pastas gigi  yang mengandung  sejumlah enzim dan protein yang terkandung dalam pasta gigi.

 Sementara kebanyakan  pasta gigi yang ada di pasaran malah menggunakan “Sodium Lauryl Sulphate (SLS) atau detergen”  yang justru membuat kering dan mengurangi produksi air liur  serta bakteri kian berkembang biak dengan cepat.  Bagaimana kita mengetahui kalau pasta gigi tersebut mengandung detergen?  
 
Ruang pengepakan
Sekarang saya tanya, setiap Anda menggosok gigi dengan pasta gigi yang digunakan, apakah banyak mengeluarkan busa?.....Naah…..busa itulah yang menandai bahwa pasta gigi itu mengandung SLS atau detergen.  Biasanya nih kita kan merasa ngga enak, kalau gosok gigi tapi pasta giginya ngga mengeluarkan busa. Ngga puas gitu!  Bener ngga?

Sodium Lauryl Sulphate (SLS) atau detergen itu akan membuat mulut kering dan dapat mengurangi produksi air liur. Sebaiknya  setiap pasta gigi mengandung enzymatic system, paling tidak pilihlah yang mengandung enzymatic system.  Karena sistem ini sangat efektif meningkatkan kinerja air ludah dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut, sehingga dapat mencegah sariawan, mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut, dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Enzim & protein apa saja sih yang termasuk dalam enzymatic system dan apa saja kegunaannya? Yuuk..cekidot. Ada tiga enzim, yaitu  Amiloglucosidase dan Gluco-oxidase dan Lactoperoxidase ini berfungsi  mengembalikan sistim alamiah air liur. Sehingga  dapat mengendalikan perkembanganbiakan bakteri di rongga mulut.

Pasti gigi  juga  perlu ditambahkan  protein kompleks  seperti : Lysozyme dan Laktoferrin. Penambahan lysozyme  bertujuan untuk memperkuat fungsi pertahanan air liur, untuk  menekan pertumbuhan bakteri   secara alamiah sudah ada di dalam air  liur. Lysozyme mampu menyerang bakteri dengan cara menyerang dinding sel bakteri, sehingga    bakteri akan kehilangan cairan sel dan akhirnya mati.  Hal tersebut berdasarkan penelitian Tri Handajani dari Institut Pertanian Bogor. 

Sementara Lactoferrin merupakan suatu protein yang mengikat zat besi, karena  lactoferrin  diperlukan untuk menekan tingkat pertumbuhan bakteri di dalam mulut dengan cara mengikat zat besi. Zat besi  tersebut merupakan makanan bagi bakteri di dalam rongga mulut. 

 “Bahwa manusia sesunggunya dapat terhindar dari penyakit mulut & gigi dengan memakai pasta gigi tanpa detergen yang mengadung enzymatic system” Alexander Agung-Founder Enzim

PASTA  GIGI ENZIM

Sebagai konsumen smart tentu akan memilik pasta gigi yang  tak hanya mengandung enzim dan  protein- kompleks, tentunya  juga bebas detergen itulah ENZIM.  Pasti gigi Enzi mini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, sesuai dengan kondisi mulut & gigi yang Anda butuhkan. Ada  Classic Mild yang lembut, atau  Enzim Fresh Mint yang menyegarkan, juga Enzim 40+ yang mengandung colostrum,  sementara  untuk pengguna kawat gigi  ada Enzim Orthodontic, dan Enzim kusus anak-anak dengan empat pilihan  rasa buah.

 JENIS PASATA GIGI ENZIM

Pasta gigi enzim mempunyai beberapa varian,  sehingga  memudahkan kita memilih  yang sesuai kebutuhan. Hal ini penting agar sesuai dengan usia  dan takarannya. Untuk anak anak,  dewasa dan juga bagi yang mempunyai kelainan. Mari  kenali masing masing jenis pasta gigi enzim ini, agar tidak ada efek samping yang timbul.   Bukan kah lebih baik  mencegah dari pada mengobati ?. Ini lah jenis-jenis  Enzim: 

Classic Mild
1.       Enzim Classic Mild
Mengandung enzim-enzim & protein-protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein alamiah di dalam air ludah. Bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.  Juga mampu menahan keasaman rongga mulut selama 21 jam danmengandung fluoride yang berfungsi meningkatkan perlindungan terhadap gigi berlubang. Enzim Classic Mild tersedia dalam kemasan 100 Ml

Fresh min
2.       Enzim Fresh Mint
Enzim fresh mint ini dibuat dengan rasa segar. Bermanfaat unutk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang. Pada enzim jenis ini tersedia dalam kemasan 50 Ml, 100Ml dan 130 Ml.

Enzim 40+
3.       Enzim 40+ COLOSTRUM
Pasta gigi ini mengandung colostrum yang berfungsi meningkatkan  system ketahanan  rongga mulut (immune system), sehingga memberikan kelembaban.  Juga mengandung potassium citrate yang berfungsi mengatasi keluhan gigi sensitive dan mengandung Vitamin E yang berfungsi meremajakan kondisi gusi jaringan lunak mulut dan meningkatkan perlindungan pada gigi. Enzim 40+ ini   bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, sariawan, gigi ngilu/sensitive, gusi berdarah dan mulut kering.  Pasta gigi jenis ini mempunyai beberapa kemasan, yaitu 50Ml, 100Ml dan 130 Ml.

Enzim Orthodontic
4.       Enzim Orthodontic
Bagi pengguna kawat gigi dan gigi palsu, pasta gigi Enzim Orthodontic merupakan pilihan yang tepat, mengandung penyembuhan luka akibat gesekan kawat dengan jaringan lunak mulut seperti gusi berdarah seperti gusi berdarah dan sariawan. Cleaning agent mempunyai Ratio Dentin Abrasivity rendah, tapi mempunyai power cleaning ratio tinggi yang mampu membersihkan plak dengan baik tanpa merusak laisan email gigi. Pasta gigi ini juga mengandung colostrum 10 kali lipat lebih tinggi dari  enzin 40+, sehingga lebih lembut dan licin. Mudahh memasuki celah-celah gigi yang menyebabkan rongga mulut dalam dalam keaddaan lembab dan licin. Pasta gigi ini mempunyai pilihan kemasan 50 Ml dan 100 Ml.

Enzim Anak
5.       Enzim  untuk Anak
Pasta gigi ini mengandung enzimAmiloglucosidase, Gluco-oksidase dan Laktoperoksidase yang berperan dalam mengembalikan fungaih alamiah system laktoperoksidase di dalam air liur, sehingga dapat mengontrol perkembangbiakan bakteri  dalam mulut.  Aman bial tertelan, karena tidak mengandung detergen dan mengandung xylithol untuk mengontrol bakteri streptococcus mutans yang menyebabkan terjadinya gigi berlubang.  Ada 4 pilihan rasa yang disukai anak-anak, yaitu: strawberry, orange, tutty fruity dan bubble gum dalam ukuran 50 Ml.

Enzim Mouthwash
6.       Enzim Mouthwash
Air kumur ini mengandung enzim aktif alami, tanpa alkohol dan tanpa antiseptic. Berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah, menjaga keseimbangan ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi gigi sensitif dan bau mulut serta menjaga kesegaran mulut.   Enzim Mouthwash ini menuntaskan bau mulut secara cepat dan  kesehatan rongga mulut tetap terjaga.  Mouthwash ini  dalam kemasan botol cantic dan mudah dibawa denga nisi 275 Ml.

Gosok Gigi Cara Kering

Apakah Anda pernah mencoba gosok gigi  tanpa air?  Belum pernah?
Cobalah  rasakan sensasi mengosok gigi  cara kering. Oh…sorry   belum  mengerti caranya ya?.  Maksud  yaitu menggosok gigi tanpa membasahi sikat giginya terlebih dahulu  dan tanpa berkumur.  Jadi  letakan pasta gigi diatas  bulu sikat gigi,  lalu sikatlah gigi selama dua menit dan  setelah itu baru berkumur.

Menyikat gigi dengan cara kering ini sangat baik, karena akan merangsang keluarnya air liur  lebih banyak.  Sementara  beberapa komponen dari air liur  akan bereaksi dengan kandungan zat aktif yang terdapat  di  pasta gigi enzim,  sehingga menghambat proses perkembangbiakan bakteri  dan   dapat dikontrol perkembanganbiakannya.

Bahayanya Detergen (sodium lauryl sulfate)
Selama ini saya senang kalau menyikat gigi dan busanya melimpah,  tentu  busa ini akan memberi hasil yang diharapkan.  Kita akan  merasa  bersih dan kesat di mulut. Padahal, bersih atau tidaknya fungsi pasta gigi tidak bisa dilihat dari jumlah busa yang dihasilkan.  Anda tahu dari mana busa itu berasal?

Itulah detergen atau  sodium lauryl sulfate, yang berfungsi sebagai pemicu busa yang ditambahkan pada shampoo, sabun, pasta gigi, hingga kosmetik. Ambang batas detergen yang boleh digunakan  kurang dari 0,001 persen  untuk di pasta gigi. Namun produk pasta gigi yang beredar di pasaran rata-rata mengandung  detergen  sekitar satu persen. Penggunaan pasti gigi yang mengandung detergen dalam kurun waktu tertentu akan merusak indera pengecap, perasa, merusak jaringan syaraf, bahkan bisa menyebabkan kanker mulut atau kanker lainnya.

 Kebersihan gigi itu adalah kebutuhan, bukan pilihan.   Pasta gigi Enzim adalah pilihannya.

Pasta gigi Enzim telah menjawab kebutuhan kesehatan mulut dan gigi Anda, dengan berbagai varian yang dapat Anda pilih sesaui kebutuhan.

Pabrik Enzim yaitu PT.  Enzym Biotehnologi Internusa, yang terletak di daerah Cimanggis-Depok membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti  “Wisata Edukasi  ke Pabrik Enzim”  dengan syarat sebagai berikut:   peserta minimal 54 orang dan disediakan bus AC serta snack. Setiap  peserta hanya diwajibkan membeli voucher seharga Rp. 12.000,-/orang dan voucher tersebut dapat ditukar dengan snack dan untuk potongan harga membeli pasta gigi system paket.

Minimal usia peserta 25 tahun dan hari kunjungan: Senin-Jumat. Untuk tahhun ini akan membuka wisata edukasi pada bulan November & Desember 2018.

Anda akan mendapatkan penyuluhan kesehatan mulut & gigi, yang diselingi dengan permainan (games),  karaoke bersama dan bazar pasta gigi enzim dengan diskon menarik.  Anda juga akan diajak melihat pembuatan dan pengemasan pasta gigi enzim.

Pabrik Enzim juga menyediakan “PESAN ANTAR PASTA GIGI ENZIM” dengan harga miring dapat menghubungi:  WA/SMS 081586126425 dengan Santi, Dini & Gita.

Bagi yang berminat mengikuti Wisata Edukasi ke Pabrik Enzim, silakan menghubungi  Gita di 081283817531

14 komentar:

  1. ya ampuun ternyata busa saat sikat gigi itu yang menandai bahwa pasta gigi itu mengandung SLS atau detergen.

    Wah, berarti aman nih kalau pakai Enzim yaaa

    Ini kegiatannya juga edukatif. Bisa dicatat, kalau dibutuhkan satu saat , ada kegiatan komunitas bisa ke sana. Belajar tentang pembuatan pasta gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba Dian..kita jadi tau bahayanya detergen di pasta gigi & enzim.ini juga bisa buat obat sariawan yg dioleskan ke sariawan itu lho.

      Saya juga punya rencana bawa emak2 & bapak2 di komplek ke pabrik enzim

      Hapus
  2. Ternyata kalau banyak busa, pasta gigi itu ga sehat ya, Mak. Makasih ya infonya. Bisa jadi Sarana edukasi, kesehatan Gigi itu emang penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba..alhamdulillah jd tau setelah ke pabrik enzim. Cukup penting!..hehehe

      Hapus
  3. Dapat ilmu baru nih, menggosok gigi cara kering.
    Ulasan mengenai produk ENzim ini sangat lengkap dan sarat informasi. Terima kasih Bunda🙏

    BalasHapus
  4. saya baru tau cara sikat gigi kering, karena biasanya dibasahi hehe. Makasih mba ilmunya saya jadi tau banyak dan lebih hati-hati memilih pasta gigi, khususnya pasta gigi yang mengandung enzim agar busa tak terlalu banyak. Ngerih juga ternyata banyak deterjennya. hmm.

    BalasHapus
  5. Saya termasuk yang ke dokter gigi kalau sakit aja, Bunda..hihihi
    Sejak tahu kalau pasta gigi yang banyak busanya itu mengandung detergent, keluarga kami sedang berusaha untuk beralih ke pasta gigi tanpa detergent. Hanya anak-anak belum terbiasa dengan pasta gigi yang tidak berbusa, hehehe

    BalasHapus
  6. Ternyata memang benar ya.. banyak busa itu kurany baik.Memang enak pasta gigi Enzym..

    BalasHapus
  7. Waduh pasta gigiku busanya banyak nih bund. Ternyata mengandung deterjen itu kurang baik ya, hiks

    BalasHapus
  8. Wah asik nih bisa ajak anak dan keluarga untuk wisata edukatif ke sini. Belajar, sekalian jalan-jalan hehe. Makasih infonya Bun, sehat terus yaaa

    BalasHapus
  9. Terima kasih informasinya, Mbak. Blognya juga bagus 😊

    BalasHapus
  10. Kebetulan sekali pasta gigi saya juga enzim mbak. Anak2 juga suka karena gak pedas. Hehe

    BalasHapus
  11. Kalo aku nyikat gigi ga da busanya justru merasa ga bersih bun. Eh.. ga taunya malah ga sehat ya. Pantesan setiap kali nonton drama korea kalo ada scene gosok giginya suka merasa aneh, karena ga keliatan busanya. Ternyata itu yg sehatnya ya. Makasih infonya bun. Manfaat banget ni.

    BalasHapus