Kamis, 08 Maret 2018

GAYA HIDUP ITU MAHAL BIAYANYA




Menjadi korban  makian, teror dan ancaman dari debt collector  akibat perbuatan orang lain itu, seperti mimpi buruk.

Jaman now seperti sekarang ini, telepon rumah mungkin udah berkurang fungsinya & banyak yang memutus tidak berlangganan lagi. Banyak rumah tangga yang menghentikan  berlangganan telepon  rumah, karena  sudah  jarang digunakan. Bahkan deringnya pun  sudah jarang terdengar lagi. Coba ngacung, siapa yang masih punya telepon rumah?.....hehehe…… Saya masih pakai telepon  rumah, walau sudah sangat jarang  digunakan.  Tagihannya pun setiap bulan ga sampai lima puluh ribu rupiah, boleh dibilang hanya bayar abudemen aja.   

Sejak berkembangkanya alat komunikasi berbasis tehnologi, orang beralih ke telepon genggam alias HP. Lebih simple, praktis dan pribadi. Bahkan merk dan type HP yang dimiliki menjadi simbol prestise tersendiri bagi sang pemilik. Di rumah semua mempunyai HP  masing-masing, jadi praktis telepon rumah dianggurin. Padahal penggunaan HP lebih besar  biaya pulsanya dibandingkan dengan telepon rumah, tapi ya itulah kenyataannya. 

Naaah........repotnya, kalau telepon rumah kita dipakai orang untuk refesensi CC tanpa izin dari kita. Kesel ga  sih? Kalau ga ada masalah gapapa, laaah.... ini ujug-ujug kita ditagih utang sama bank atas nama orang lain. Di maki, diancam & diteror, sementara kita kasih tau yang bersangkutan cuma bilang, "Iyaaaa"   Itu pun tanya minta maaf, karena telah menyangkutkan kita keurusan dia. Sebel ga sih? Bahkan pernah sampai debt collector datang ke rumah dan mengancam anak ku yang waktu itu masih SD. Sementara yang punya utang santai dan masa bodo dengan apa yang kita alami.  Yaa…..Allah, alasannya  bukan dia yang pakai CC nya tapi orang lain. 

“Ya seterah saudara lah, siapa kek yang pakai CC nya. Lah hubungannya sama aku tuh apa? Kok jadi galakan dia sih!.  Sudah  jadiin aku yang bertanggungjawab kalau dia ga  membayar  tagihan,  tapi tanpa izin”    OOOh…..No…..kok enak!. 

Kalau udah kesel aku kasih aja no telponnya, tapi kan pinteran dia. Pasti  tau kalau dikejar-kejar bank, telpon ga pernah diangkat. Kalau nggak ganti nomor. Tetap kita lah yang jadi sasaran  makian  dan ancaman, karena nama & telpon rumah kita yang menjadi penanggunjawab kalau dia ga bayar tagihan ....Cilaka kan!

Untuk itu   gaiiiis, ga usah gaya-gayaan pake CC deh, kalau ga bisa tertib makainya. Salah satu yang perlu dan penting diinget bagi pemegang CC, bahwa kartu ajaib itu bukan duit kamu !... Tapi utang yang kudu dibayar tepat waktu, kalau ga mau kelilit utang yang bunganya mencekik leher.

Penting kedua adalah, jangan pakai nama orang sebagai refrensi atau jaminan kamu tanpa ijin yang bersangkutan. Itu namanya gilaaaa gaiiis dan nyebelin!!!!!...Yang kudu diinget berikutnya adalah kemanapun kamu lari, utang itu mau ga mau tetep harus dibayar. Kalau nggak ya akan ditagih di akhirat.

  "Penghasilan itu cukup kok buat hidup, tapi ga akan cukup untuk bayar gaya hidup"

Dan pada pihak bank, sebaiknya mensurvey alamat si pemohon agar ga merugikan orang lain. Disamping bank juga jadi ga repot saat menagih dan ga salah  orang, karena dikorbankan. Aku punya cerita  yang lebih parah lagi. Tetangga sebelahku, tiba-tiba rumahnya akan disita. Si pemilik rumah kaget dan marah besar, karena merasa tidak mempunyai utang apalagi menjaminkan rumahnya.

Ternyata ada  anak tetangga lain yang menyicil mobil memberi nama, alamat dan telpon tetangga sebelah sebagai penanggung jawab andai dia ga bisa bayar. Memang anak tersebut teman anaknnya tetangga sebelah dan sering menginap di situ.  Lalu apa yang terjadi?.....Gempar dan ramai adu mulut, bahkan hampir adu jotos. Tau sendiri kan bagaimana kelakuan para debt collector. Mau diantar ke rumah orangtua anak tersebut, si debt collector ga percaya! Setelah pengurus RT turun tangan, baru si debt collector mau diantar ke rumah orangtua anak tersebut.

Jadi jangan  sok gaya lah pakai CC,  kalau ga mampu menahan godaan  untuk belanja dan ingkar untuk membayarnya.  Daaan ingat lah utang itu harus dibayar sebelum maut menjemput, kalau mau selamat di dunia dan  akhirat.  Hidup itu  ga perlu  kebanyakan  gaya kok,  syukuri apa yang kita punya dan In shaa Allah kebahagian akan datang dengan sendirinya. Karena  gaya hidup itu mahal biayanya.

17 komentar:

  1. Gaya hidup memang mahal mbak... Yang cuma pas untuk hidup aja sudah mahal. Harus selalu mengingatkan diri sendiri kalau keinginan bukanlah kebutuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Elizabet, sebelnya saya ditagih utang CC orang. Diteror debt collector

      Hapus
  2. Nah, ini biasanya karena di internal bank/pembiayaan enggak ada survey yang detil ya Mbak. Sehingga orangnya siapa alamat dimana enggak di cek keakuratannya. Eh ternyata nebeng alamat sodara atau tetangga, duh!
    Yang ngutang pun, sepertinya tanpa beban sudah berutang kiri kanan...ampun dah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dian. Sialnya kok saya sering banget ngalamin, pdhal saya pake CC udah hampir 30 th & pernah masalah. Malah dpt segala macam.fasilitas, salah satunya diksh kartu ready cash dg nilai fantastis. Kesel kan dimaki & diancem orang.

      Hapus
  3. Syereem bacanya. Baru tahu, bisa tega ya pake nama orang. Semoga kita dijauhkan dari sifat seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah Mba Lisa. Tadi pagi saya masih ngalamin, ditlp trus marah2. Kan nama yg ditanya memang bukan keluarga kita. sebel banget kan..

      Hapus
  4. Benaaarr, setujuuu. Hidup itu jangan kebanyakan gaya. Karena yang sulit dalam hidup adalah mengikuti gaya hidup yg enggak apa adanya. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Primastuti. Itu klo kata kita yg waras, tp sayangnya banyak yg ga waras...hehehe

      Hapus
  5. alhamdulillah saya ngga punya kartu kredit...cuma memang yang bikin sebel kalau menghadapi debt collector yang ternyata nagih hutang orang lain ..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pegang kartu kredit sdh 30 th tp aman2 aja, karena paham apa itu karti kredit.
      Lah kok malah ditagih utang orang

      Hapus
  6. Biasanya karena target marketing juga, sehingga pihak bank asal nyomot aplikan aja, nggak dilihat kondisi yg sebenarnya. Kalau sy sendiri mmg gak berani pakai kartu kredit. Merasa blm butuh dan blm mampu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu kredit adalah penolong nyawa bapakku. Dulu jaman blom ada atm, saya hrs bayar dp rumah sakit agar bpk bisa ditangani di UGD. Sementara kita ga pegang uang kas, atm blm ada waktu itu. Kartu kreditkulah yg bisa membayarnya dlm kondisi kepepet itu...artinya..cc.emang hanya untuk hal2 genting & emergency aja

      Hapus
  7. astaga, gara2 gaya hidup jadi orang lain yang kena batunya juga. ckckc,lebih baik hidup apa-adanya saja, gak usah neko-neko. Tergantung kemampuan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, klo ga bisa mengelola dg baik cc dg baik. Makasih sdh mampir ya Mba

      Hapus
  8. iya sich, apalagi saat ini semua kebutuhan serba mahal, tergantung kita mengatur keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, tp ga sedikit orang yg merasa gaya bila.pegang kartu kredit. Pdhal ga punya kemampuan untuk membayar tagihannya.
      Makasih sdh mampir ya Mas

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus