Selasa, 27 Februari 2018

TRAINING YANG LANGSUNG PRAKTEK & MAGANG

Doc. Indari Mastuti



Tempat training  penulisan  memang  bertebaran dimana-mana,  tapi  menemukan  tempat training yang pas dan sesuai dengan keinginan itu  yang  sulit.  Apalagi training penulisan yang  bukan hanya memberikan pelajaran saja, namun juga praktek langsung dan  guyuran  ilmu penulisan yang  tanpa henti pasca pelatihan. Hanya di @JoeraganArtikel tempatnya, yang mempunyai  visi & misi  untuk menambah  pengetahuan   para ibu rumah tangga dalam menulis dan  sampai berpenghasilan. 

Sementara  saya, sebelumnya  sudah  mengikuti  beberapa  kali  pelatihan penulisan. Namun  semua menguap begitu saja, setelah sertifikat ditangan dan hubungan pun berakhir.  Akhirnya pengembaraan  saya  berakhir, setelah menemukan @JoeraganArtikel  yang dirangkul  Indiscrip Training Center menjadi sub di perusahaan tersebut. Merupakan  pelatihan menulis on line @JoeraganArtikel, yang berharap para  Alumninya, nantinya  bisa menjadi juragan  bila  membuka usaha. 

Pelatihan pertama yang  saya ikuti  adalah gampang bikin artikel, lalu setelah menjadi alumni direkrut tim penulis emakpintar.asia dan  dibina untuk  menapaki jenjang karier kepenulisan berikutnya. Di sana diberi tantangan selama tiga bulan untuk membuat artikel sebanyak mungkin, bila berhasil pekerjaan istimewa dari Indari Mastuti telah menanti.   @ JoeraganArtikel  merupakan  jembatan para ibu rumah tangga untuk  mendapatkan penghasilan  tambahan di sela-sela kesibukan mengurus rumah tangga. 

Berikutnya  saya  ikut pelatihan  Jebol Media  dan  Editing.  Tantangan  di jebol media  tidak  seberapa, tapi   praktek editing setelah mengikuti pelatihhanya  membuat  saya harus focus.  Bayangkan mengedit buku sebanyak  145 halaman yang harus selesai dalam waktu  2 hari, benar-benar  harus focus.  Namun maaf seribu maaf, aku tidak dapat ikut  pasukan editing.  Jujur  saya  belum sanggup, walau  hanya mengedit  artikel  untuk EmakPintarAsia.

Dalam pejalanannya  saya di geret Mak Piet Genda dalam pusaran pasukan endorse, jujur saya gak pernah memperhatikan fee yang ditransfer. Itulah  hasil karya yang selesai  kerja, lalu dibayar. Saya senang melakukannya, karena  mengendorse  membuat saya bebas berkreasi dengan kata-kata yang mudah dicernak, enak dibaca dan utamanya membuat orang tertarik untuk membeli produknya. Sumpah aku sukaaa…….tenkyu Mak Piet yang sudah menyeretku di pasukan endorse. 

Disamping yang telah disebutkan diatas masih ada pasukan lainnya, yaitu  Pasukan Blogger  yang bertujuan  sebagai wadah bagi perempuan  dalam menuangkan ide-ide menulisnya dan dipublikasikan melalui blog personal, serta melatih konsistensi menulis. Salah satu kegiatan pasukan ini adalah mengerjakan tantangan  setiap hari senin dan kamis.  Saya ada beberapa kali mengikuti  tantangan dalam membuat reviuw di blog. 

Pasukan  lainnya adalah Pasukan Resensi, tapi saya gak mengikuti training materi ini. Padahal dulu aku sering membuat resendi buku dan terbit beberapakali di HU Media Indonesia. Maklum aku juga kepala perpustakaan penerbangan terbaik di Indonesia, karena dua kami mendapatkan penghargaan. Saat membuat  label buku, saya harus membaca buku tersebut untuk menentukan kode nomor buku sesuai aturan Dewey. Sekarang agak malas meresensi buku lagi…hehehe

Satu lagi pasukan yang gak saya ikuti adalah  Pasukan Reporter, karena saya  dulu Reporter  & jurnalis majalah perusahaan  jebolan Sekolah Jurnalis Dewan Press Jakarta.  Saya sedang mau berpaling sejenak  dari sudah saya geluti selama bertahun-tahun, mau cari penyegaran aja.   

Tak terasa sudah dua tahun  usia @JoeraganArtikel dan diusia semuda  itu telah  menelorkan   ratusan alumni yang  tidak sedikit  telah  memiliki  penghasilan dari menulis, itu termasuk saya.   Pada acara milad ke dua tersebut diadakan kopdar  dan sharing gagasan, namun sayang saya gak bisa hadir karena ada acara lain dan cukup puas mendengar cerita acara tersebut yang berlangsung sukses. 

Acara tersebut digelat   di rumah Indari Mastuti  CEO Indscript Ceative yang dihadiri oleh Indari Mastuti,  Ummi Aleeya (Founder @JoeraganArtikel), Piet Genta (Admin @JA), Winny Muftiani Lukman (Mentor Training KSC), Yuke Rahmawati (Mentor Hynowirting), Eni Rahayu, Yasinta, Ningsih, Feny Solehati dan para alumni @JA .  Kegiatan ini  diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Indari Mastuti. 

Saya pribadi mengucapkan selamat milad ke-2, semoga @JoeraganArtikel  makin sukses mengantarkan para ibu rumah tangga  mendapat penghasilan dari rumah, sesuai taglinenya "Mengajak Bunda Berpenghasilan Dari Rumah"   Semoga sukses  peluncuran training vlogging sebagai yutubers hypnowritingnya. 



10 komentar:

  1. bu srie, apa kabar?
    saya senang bisa ikut setiap training di Joerangan Artikel. sekarang baru slesai ikut training 'Gampang bikin artikel' dan nanti malam ikut training 'Jebol Media'.

    semoga setelah mengikuti training bisa jebol media juga seperti senior yang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik Mba Egy. Saya sudah pernah ikut, pertama ikut SP & yg rasa pusing qkt ikut editor...hehehe

      Hapus
  2. Kita memang beruntung ya...bisa belajar melalui training kepenulisan yang ada di Joeragan Artikel. Karena setelah selesai belajar kita masih terus di bina agar bisa berpenghasilan. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  3. Aku dikasih tau dong bu Sri kalo ada training ginian. Bagus tuuuh.

    BalasHapus
  4. Ikut training di Joeragan Artikel membuat kita tak malas berlatih. Lha gimana mau malas, wong langsung dikasih job, hehehe

    BalasHapus
  5. Saya yang belum ikut training resensi, editor, liputan, travel writting mbak... Ehhh, sekarang banyak training baru ya... Semoga dengan bergabung di JA, saya juga bisa dapat penghasilan seperti mbak juga. Ke depannya, semoga JA dapat menjadi wadah perempuan Indonesia untuk semakin produktif dan berpenghasilan dari menulis. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba...in shaa Allah bisa ikut semuanya..hehhe

      Hapus