Sabtu, 27 Januari 2018

Resep Lauk Nabati





Sumber  nabati yang sering aku hidangkan untuk menu sehari-hari dan disuka anak-anak adalah olahan Tahu dan Brokoli. Karena kita ketahui bersama, Tahu mengandung protein yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan sumber protein nabati, pada setengah potong tahu berukuran besar memberikan asupan 14g protein dan 110 kalori. 


Tahu sudah sangat terkenal  di Indonesia, harganya juga murah tetapi nutrisinya luar biasa. Tingginya gizi  tahu, karena bahannya dasarnya adalah kedelai yang merupakan sumber protein nabati. Disamping itu juga  mengandung protein, zat besi, fosfor, magnesium, tembaga, selenium, kalsium dan mangan.

Brokoli
Satu lagi sumber nabati adalah Brokoli, sayuran  berwarna hijau dan berkuntum ini sangat mudah di temui.  Brokoli ini merupakan sayuran yang tinggi nilai gizinya, salah satunya kandungan protein nabati.  Brokoli juga mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang terdapat pada brokoli bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena kanker. Hal itu karena zat antioksidan bekerja untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh.

Pada 100 gr brokoli rebus, mengandung  2 gr protein, 67 mcg fosfor, 108 mcg folat, 40 mg kalsium dan vitamin A. Di dalam sayuran brokoli juga tekandung sulforaphane, yang merupakan senyawa anti kanker.

Disamping mudah, murah dan gizinya sudah tidak diragukan. Saya turunkan dua resep nabati yang aku buat dan menjadi makan favorit keluarga.

Pepes Tahu
Bahan:
1 bh tahu putih besar
3 bh cabai rawit & 3 bh cabai merah
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 tangkai daun bawang
1 btr telur
2 sdm minyak goreng.
Garan & gula secukupnya.
Daun pisang

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu
Iris halus daun bawang
Haluskan tahu, lalu campurkan bumbu halus, telur, daun bawang, garan, gula & minyak goreng, aduk rata.  Ambil daun pisang, taruh 2-3 sendok makan tahu lalu tutup & semat dengan tusuk gigi. Setelah itu kukus selama 30 menit. Angkat dan hidangkan. Satu resep dapat 7 buah pepes.

Cah brokoli saos tirem

Bahan:
¼ kg brokoli potong kuntum
2 siung bawang putih cincang
1 sdm saos tirem
½ gelas air
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
Panaskan minyak dan tumis bawang putih sampai harum. Masukan brokoli dan air, lalu masukan saos tirem dan garam. Masak sampai matang dan tambahkan gula sedikit, angkat dan siap dihidangkan. 

Keunggulan Protein Nabati
Protein nabati umumnya mengandung asam glutamat yang merupakan salah satu jenis dari asam amino. Manfaat dari kandungan asam glutamat mampu mengontrol tekanan darah, sehingga  dapat lebih  mencegah dari masalah hipertensi dan terhindari dari resiko penyakit jantung dan stroke.




#SatuHariSatuKaryaIIDN


8 komentar:

  1. Mau nyoba resep brokoli saus tiramnya aaah. Thx maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mak Sani, ditambah udang lebihh makyus loh.
      Makasih udah mampir ya

      Hapus
  2. Selama ini saya paling masak tahu, di goreng, diopor atau kecap, dan di ancurin. Mau coba ah nanti pepes tahunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mba Larasati, enak bingit klo dipepes..hehehe
      Makasih sdh mampir ya Mba

      Hapus
  3. Anak-anakku suka brokoli Mbak..diapain aja, kadang aku kukus atau di tumis tiram gini.
    Tapi aku belum pernah bikin sendiri pepes tahu, biasa beli hihihi...Nanti coa ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu?...sama dunk. Kadang saya goreng setelah dicelup tepung siap saji & buat camilan yang dicocol sambel. Monggo Mba & makasih udah mampir ya

      Hapus
  4. Anakku suka brokoli Mbaak, kadang digadoin gitu aja abis dikukus pun mau hihii. Pengen nyoba pepes tahunya Mbak Ningsih, makasiiih sharingnya yaa Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooow.....udah coba brokoli digoreng blom? Jd brokolinya dicelup tepung siap saji yang diencerkan dgn air, lalu goreng & dimakan dgn sambal botol.. asyik buat camilan, malah anakku buat bekal ke sekolah dulu... suwun sudah mampir ya Mba Dira

      Hapus