Kamis, 25 Oktober 2018

MANFAAT DAN FUNGSI AIR PUTIH BAGI TUBUH




Dalam segi tiga Keseimbang Gizi,  air putih  mendapat porsi  paling banyak dari   yang lainnya.  Air merupakan komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia, pada bayi kandungan air sebesar  80 persen.  Orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut  di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Air sangat dibutuhkan oleh  semua mahluk hidup dan tumbuhan.  Menurut   Institute of Medicine,  manusia  per hari membutuhkan  air sebanyak   tiga liter atau 13 gelas untuk laki-laki  dan   2, 2 liter atau sembilan gelas untuk wanita supaya keadaan fisik tetap stabil. Umumnya  mengkonsumsi  8 gelas sehari, sudah  mencukupi kebutuhan air seseorang, tapi bisa  kurang  atau lebih jika  disesuaikan  dengan usia dan  berat tubuh.  

Anda tak perlu takut bakal bertambah berat badannya, kalau banyak minum air putih. Karena air putih  tidak memiliki kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta gula sebagai sumber penyakit yang meneror nyawa.  Mari kita  cekidot fungsi air putih bagi tubuh:

Fungsi Utama Air di Dalam Tubuh

1.       Membantu kehidupan sel-sel di dalam tubuh, karena air memiliki fungsi yang esensial bagi sel-sel di  agar mereka dapat berfungsi dengan baik.
2.       Membantu dalam proses reaksi kimia dan metabolik.
3.       Membantu transportasi nutrisi dan pembuangan limbah-limbah tubuh.
4.       Membantu mengatur suhu tubuh.

Alur Air dalam tubuh

Alur Air yang Kita Minum

Air yang kita minum masuk ke sel darah dan  dialirkan ke seluruh tubuh, sehingga membantu proses kerja organ tubuh kita.

Ø  Air  masuk melalui mulut, langsung menuju saluran pencernaan.
Ø  Di dalam saluran pencernaan, air melewati lambung, usus halus dan usus besar.
Ø  Hanya dalam waktu 5 menit  air diserap pembuluh kapiler di dinding usus dan masuk ke dalam sel-sel darah.
Ø  Air di dalam darah disalurkan ke seluruh tubuh.

Tubuh kita mampu mengatur kadar air antara masuk dengan yang keluar. Semakin  banyak kita minum, maka akan makin cepat pula air dalam tubuh tergantikan.

Air masuk ke tubuh:
*      Pertambahan  air melalui: minuman, makanan dan hasil proses metabolisme
*      Air  yang masuk kedalam tubuh, akan bertahan rata-rata 10 hari.

Air keluar dari tubuh:
*      Air dikeluarkan melalui: urin, keringat, pernapasan dan feses.
*      Tetes  air  yang kita  minum akan keluar  dari tubuh dalam waktu 50 hari ke depan.
 
Beberapa factor  kebutuhan air seseorang,  dipengaruhi oleh:

1.       Aktivitas

Jika Anda banyak melakukan aktivitas, seperti olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, Anda butuh untuk minum lebih banyak air. Karena air  yang masuk ke tubuh,   berguna untuk menggantikan cairan tubuh  yang hilang melalui keringat.

2.       Lingkungan

Cuaca  merupakan salah satu yang menyebabkan  seseorang   membutuhkan air lebih banyak. Seperti  saat cuaca   panas atau lembab, menyebabkan   Anda lebih banyak berkeringat. Juga  bagi  yang tinggal di ketinggian 2500 meter, Anda mungkin juga membutuhkan air lebih banyak. Pada lingkungan seperti   ini, Anda biasanya akan lebih sering buang air kecil dan bernapas lebih cepat, sehingga lebih banyak cairan tubuh yang terbuang dan Anda perlu menggantinya dengan banyak minum.

3. Penyakit atau kondisi kesehatan

Ketika kondisi  Anda sedang demam, muntah-muntah, atau diare, tubuh   akan mengeluarkan lebih banyak cairan. Sehingga   membutuhkan lebih banyak cairan yang masuk ke tubuh. Namun pada  beberapa kondisi , seperti:  gagal jantung, penyakit ginjal dan penyakit hati, mungkin   asupan air harus dibatasi. 

4. Kehamilan dan menyusui

Pada saat  seseorang  dalam  kondisi  hamil atau menyusui, maka  harus  lebih banyak minum  untuk mencukupi kebutuhan cairan yang tinggi. Bagi  ibu hamil  banyak perubahan di dalam tubuhnya, begitu juga ibu menyusui  sehingga  kebutuhan cairan   meningkat. 

Manfaat Air Putih 

Air putih  mempunyai  manfaat  yang sangat baik bagi tubuh,  ini beberapa manfaat air putih, yaitu : 

1.      Mengurangi Rasa Lelah
Salah satu  tanda tubuh kekurangan  air adalah  Anda  terasa lelah  berlebih.  Kelelahan adalah tanda utama bahwa seorang mengalami dehidrasi. Saat   tubuh kekurangan cairan, jantung  bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh  jaringan tubuh.   Jika   tubuh terasa lelah,  hal paling utama yang dapat Anda lakukan  yaitu minum air putih minimum tiga gelas. Setelah itu biarkan tubuh istirahat sejenak,   dan  rasakan   reaksi positifnya. 

2.       Tingkatkan Mood
Bad mood yang terjadi  terus- menerus, tidak  selalu  karena sedang ada masalah.  Beberapa       peneliti mengungkap, bahwa   tubuh yang kekurangan  air  bisa memengaruhi situasi hati.  Pada  penelitian kecil kepada   25 wanita yang tercantum  pada  Journal of Nutrition,  mengungkap  dehidrasi bisa mempengaruhi situasi hati  dan  manfaat cognitive.  Mood  kembali  positif sesudah tubuh   memperoleh air  dengan jumlah yang cukup.

3.       Meredakan Sakit Kepala
Sakit kepala  dan migren  penyebabnya macam-macam, salah satunya   dehidrasi. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Europea Journal of Neurology,  menerangkan    minum air putih dapat mengurangi rasa sakit pada kepala.

4.       Baik Untuk Pencernaan
Peran air dalam saluran cerna untuk  menolong sistem pencernaan makanan agar bekerja lebih   baik. Kurangnya air bisa menyebabkan sembelit serta menghalangi laju cerna makanan yang masuk kedalam usus, bila kondisi ini terjadi  terus-menerus, saluran cerna  akan mengalami kerusakan.

Minum air putih yang banyak dapat meningkatkan metaboisme tubuh, dan  menolong kelancaran sistem pemrosesan makanan lantaran gerakan usus jadi teratur. Beberapa pakar mereferensikan kita untuk minum air putih hangat saat alami sembelit lantaran baik untuk memperlancar pencernaan makanan.

5.       Meningkatkan Nafsu Makan dan Turunkan Berat Tubuh
Beberapa peneliti menyatakan salah satu  kelebihan air putih adalah untuk  meningkatkan nafsu makan, terutama bila diminum sebelum  makan. Diluar itu cukup mengkonsumsi air putih dapat membantu menurunkan berat  badan, karena  kecenderungan untuk makan banyak jadi  berkurang karena telah terisi air. 

6.       Mengeluarkan Toksin Tubuh
Makanan yang kita komsumsi  membawa serta  toksin  dan  air dapat  menjadi pilihan paling baik untuk mengeluarkan toksin dari tubuh.  Juga  membuang zat beresiko lain lewat keringat  dan  urin. 

7.       Menghindar Batu Ginjal
Air yang kita konsumsi  dapat  mengencerkan garam  dan mineral dalam urin, untuk mecegah  terbentuknya batu ginjal. Namun   banyak minum air juga memengaruhi kekuatan ginjal untuk menyaring kotoran, walau belum banyak masalah yang diakibat hal itu.

8.       Mengontrol Suhu Tubuh
Jumlah air yang  kita minum dan  sesuai  dengan  kebutuhan  tubuh, dapat  mengantur suhu tubuh. Hal tersebut karena  air berbentuk termal yang mempunyai  kemampuan untuk melepas panas tubuh saat berkeringat.

Minum air setelah berolahraga, akan  mengecilkan resiko terjadinya nyeri sendi  dan otot, juga menghindari  kram  dan keseleo.

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui, minum air putih untuk menghilangkan dahaga saja, tapi ternyata selain bermanfaat bagi tubuh juga mempunyai fungsi yang vital.  Anda massih mau mengabaikan untuk minum air putih?....

ODOP 12
         


23 komentar:

  1. Dulu aku tipe orang yang nggakkkk suka minum air putih. Paling sehari itu cuma 3 gelas. Karena terbiasa dari kecil jarang minum air putih. Lalu aku berubah jadi sering minun air putih sejak baca buku tentang manfaat air untuk tubuh. Sejak itu jadi rajin dan aku juga membiasakan pada keluargaku untuk sering minum air putih juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air putih sangat dibutuh tubuh kita Mba. Alhamdulillah klo sekarang sudah banyak minum & menularkan pd anggota keluarga.

      Hapus
  2. Setujuuu air putih itu memang banyak bangeeet manfaatnya. Makasih mba sharing dan pengingatnyaa. Sip.

    BalasHapus
  3. Minum air putih terkadang terlupakan kalau sedang di kelas. Padahal banyak banget ya mbak manfaatnya. Tapi sekarang alhamdulillah kemana pun selalu membawa botol minum. Makasih ya info dan Sharingnya.

    BalasHapus
  4. Udah tahu ini, tapi tetep aja kalau lagi kagok ngapain malah nahan nahan haus. fiuuh, padahal ini penting banget. harus dibiasakan nih , makasih ya tulisannya :)

    BalasHapus
  5. Sekarang aku siap botol terus, Mbak. Harus 3 liter soalnya. Tapi emang beda di otak.Lebih fokus rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulullah..betul Mba & kitanya jadi segar terus..

      Hapus
  6. alhamdulillah, Bun, kami sekeluarga doyan air putih, karena cuaca di jakarta panasnya pool

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah....yup bwtul tp mulai musin pwnghujan ya Mba

      Hapus
  7. Kami Sekeluarga mengkonsumsi air putih mb. Alhamdulillah... Tulisannya keren mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap manusia wajib mengkonsumsi air putih Mba.
      Terima.kasih kembali.

      Hapus
  8. Alhamdulillah, saya termasuk air putih lover. Bahkan kalo ke kondangan atau wiskul, saya pilihnya air mineral aja. Lebih sehat, sesuai dengan manfaat yg bu Srie sebut di atas. Sip!

    BalasHapus
  9. Setujuuuu Mbak Srie.. Air putih itu perlu. Orang sering abai tentang ini. Karena enggak haus ya enggak minum..
    Semoga makin banyak yang sadar akan manfaatnya jika minum air cukup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Dian. Mereka kadang merasa tidak haus, padahal haus ga haus minum.harus cukup 3 liter

      Hapus
  10. Selalu sedia air putih sih di tas. Tapi engga ngira, langsung terserap tubuh dlm waktu 5 menit? Makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena.tubuh butuh air untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh, maka langsung diserap.

      Hapus
  11. Sudah jadi rahasia umum ya tentang pentingnya air putih ini. Kesehatan itu sebenarnya simple, tapi kadang kitanya yg gak mau ngikutin. Dan hidup semaunya. Salah satunya ya harus minum air putih rutin, no excuse.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.sekali, tp itulah manusia. Klo ga mengabaikan rasanya kurang seru..hehehhe

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus