Jumat, 02 Februari 2018

MANFAAT JALAN-JALAN BERSAMA ANAK-ANAK



Lima hari dalam seminggu aku bergelut dengan kesibukan dari gelap sampai gelap.  Waktu benar-benar cepat berlalu dan selalu terasa kurang. Pagi hari mengurusi anak-anak dan setelah mengantarkan mereka ke sekolah, aku  pun lanjut menuju ke kantor lokasinya  jauh dari rumah. Dan bertemu anak-anak selepas magrib dann menemaninya sampai mereka tidur. 

Dua hari dalam seminggu merupakan hari berkumpul dengan anak-anak, apapun kegiatan yang aku lakukan kita kerjakan bersama. Aku dan suami memang sudah berkomitmen, dua hari tersebut akan dihabiskan bersama anak-anak. Mengawali hari sabtu, aku dan memboyong anak-anak ke pasar untuk belanja. Sepulangnya aku merapihkan belanjaan, suami beberes rumah dibantu si kakak dan di ade ikut ngoprek sama aku di dapur.

Momen jalan bersama untuk makan masih berjalan bersama anak & menantu
Kita masak bersama dan membuat kue atau apapun yang anak-anak minta.  Setelah selesai kami biasanya menonton televise atau membaca buku dan dilakukan di kamar, tertawa dan mendengarkan cerita anak-anak. Kesersamaan itu membuat anak-anak senang dan aku merasa sedikit bisa mengganti waktu yang hilang bersama anak, tergantikan.

Hari minggu jadwal keluarga kecilku, olahraga bersama ke taman dekat rumah dan sarapan. Di hari tersebut biasanya aku mengajak anak-anak jalan-jalan. Walau hanya ke mall untuk makan siang atau ke toko buku. Memang semua biasanya sudah di rencanakan, biasanya anak-anak yang ngatur jadwalnya. Hari minggu ini mau kemana dan berikutkan ke mana. Aku memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bergantian menentukan tempat yang akan kita kunjungi. 

Aku juga beberapa kali mengajaknya keluar kota, kadang hanya diakhir pekan. Jumat berangkat dan minggu sore telah kembali, sambil mengajak Uti dan Akung.  Biasanya ke Yogya, anak-anak suka naik beca berkeliling malioboro dan berenang di hotel. Sesekali ke Bandung atau Bogor, bahkan hanya ke Ancor atau TMII. 

Kalau suami sedang ke luar kota diakhir minggu, aku ya tetap jalan-jalan dengan anak-anak. Mengajak ke Palnetarium, Monas dan Musium sambil memperkenalkan obyek wisata sejarah yang ada di Jakarta. Sebenarnya bukan tujuan jalan-jalan tersebut yang penting, tapi kegiatan jalan-jalan bersama keluarga merupakan momen penting bagi orangtua dan anak. Apalagi bagi orangtua yang dua-duanya bekerja di luar rumah. Kegiatan di akhir pekan tersebut, menurut  aku mempunyai manfaat sebagai berikut:

1.      Kegiatan tersebut menjadi quality time bagi aku dan anak-anak. Memang terlihat hanya mengerjakan hal-hal rutin, namun anak-anak senang dan intinya sebenarnya bukan itu, tapi anak-anak merasa diperhatikan dan mendapat limpahan kasih sayang dari orangtuanya.

2.      Sebagai orangtua, waktu-waktu tersebut merupakan momen yang tepat meraih kedekatan dengan anak-anak setelah ditinggal bekerja selama lima hari.

3.    Bagi anak, kegiatan tersebut  merupakan momen kebersamaan bersama orangtua yang sehari-hari ditinggal bekerja. Anak juga  merasa diperhatikan, dihargai keinginannya dan dilibatkan dalam kegiatan di rumah bersama orangtua.

4.     Waktu dua hari dalam kebersamaan ini membuat anak tidak lengket dengan pengasuhnya, walau sehari-hari di rumah bersama pengasuh.

5.     Anak sering kali menangis dan tidak mau ditinggal saat ibunya berangkat bekerja, momen akhir minggu tersebut  salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan anak menangis saat ditinggal bekerja. Disamping dapat  memberikan pengertian kepada anakm bahwa saatnya ibu harus bekerja dan akan jalan-jalan kembali di hari sabtu dan minggu.

Memang jalan-jalan itu tidak selalu pergi liburan, tapi dapat dilakukan ke tempat-tempat  yang dekat dalam kegiatan keluaraga, seperti   belanja bersama, jalan ke taman, ke mall atau ke toko buku. Begitu kegiatanku bersama anak-anak saat anak-anak masih kecil, namun setelah mereka dewasa kita tetap sesekali jalan bersama untuk makan di luar atau berolahraga bersama di taman.

#SatuHariSatuKaryaIIDN

4 komentar:

  1. Mbak Ningsiiih seru yaa, saya membayangkan mama saya punya blog, seperti ini rasa senangnya mama kalau ajak kami jalan-jalam bareng.

    Quality time gak perlu travelling jauh-jauh yaa, ke mall juga bisa ya Mbak hihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo...mamanya diajarin Mba, biar mahir seperti anaknya...hehehe. Dari kecil memang sudah kami biasakan jalan bareng, walau hanya ke mall deket rumah.

      Betul Mba, kadang kami hanya baca buku di rumah, tapi yaitu semua diatas tempat tidur kamar emaknya....seru.

      Hapus
  2. Benar banget Mbak Srie..Yang penting kualitas waktunya, meski sehari-hari enggak lama ketemunya, Sabtu Minggu bisa jadi penggantinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dian, maklum tiap hari kerja jadi sabtu digenjot buat bersama keluarga. Makasih sudah mampir Mba Dian

      Hapus