Rabu, 21 September 2016

MASIH BERANI BILANG RIBET KALAU MASAK





Jaman sekarang mencari makanan semudah membalikan telapak tangan, bahkan ada diujung jari. Kok bisa?...... Coba perhatikan disekitar lingkungan kita, menjamur aneka resto, warung, bahkan pedagang kaki lima yang hilir mudik menyambangi lingkungan rumah kita. Kalau malas, bisa tinggal pencet keypad hp makanan siap saji akan terhidang di meja makan tanpa butuh waktu yang lama.

Kemudahan tersebut memang menyenangkan, karena meringankan  tugas emak. Apalagi bagi emak yang juga bekerja diluar rumah, tapi  apakah emak pernah terpikir sehatkah bahan baku yang digunakan atau bersihkan cara mengolahnya dan bagaimana dengan kandungan gizinya ?.  hiihhihi…ribet ya?...

Tenang........Jangan bingung, ada kok cara praktis menyiapkan hidangan buat keluarga yang mudah, praktis, sehat dan bergizi tentunya. Mau tau aja  atau mau tau banget?  Heheheheehe……….. 


1.     Jadikan kulkas sebagai swalayan emak.   Artinya, lakukan belanja kebutuhan dapur sekaligus untuk 3 hari atau seminggu. Bersihkan ikan, ayam, daging lalu simpan ditempat kedap udara dan letakkan di freezer. Jika hendak dimasak, sejak semalam suudah dikeluarkan agar besok pagi sudah mencair. Begitu juga dengan sayuran, bungkus dengan Koran dan simpan dalam wadah kulkas yang telah disediakan.

2.       Daging ayam dapat langsung diungkap, kalau malas mengulek bumbu ya dihaluskan dengan blender atau chooper. Kalau masih malas juga, beli bumbu ayam goreng instan, bereskan. Setelah matang, taruh di tempat tertutup, tunggu sampai dingin dan masukan di dalam kulkas. Kapan saja mau makan, tinggal digoreng.

3.      Begitu juga dengan daging, dibuat empal atau rendang. Jika dibuat empal diungkap saja dengan bumbu instan, setelah empuk dan matang, angkat dan simpan diwadah tertutup. Rendang pun dapat dimasak dan disimpan, tinggal dipanaskan jika ingin dihidangkan.

4.      Buatlah sayur yang mudah, misal tinggal tumis atau sayur bening dan tidak membutuhkan waktu lama dalam mengolahnya. 

5.     Buat nugget atau makanan yang dapat digunakan untuk sarapan atau buat bekal sekolah anak-anak. Nagget tahu, ayam atau ikan. Kerjakan ini pada hari sabtu, minggu atau hari libur. Saat dibutuhkan, tinggal digoreng. 

6.    Pilihlah menu yang mudah mengolahnya, sehingga tidak terlalu menghabiskan waktu. Menu masakan china lebih mudah, dengan bumbu bawang putih & jahe sudah cukup. Hitunglah estimasi waktu memasak, sehingga bisa selesai tepat pada waktunya.

7.     Niat yang kuat untuk mau melakukannya, terutama buat emak-emak yang kerja diluar rumah dan harus berangkat pagi dan pulang nyaris malam hari.

Masih  bilang ribet kalau masak?.........Terrrrlaluuuuu…..hahahaha
Peralatan masak yang modern memudahkan emak buat ga ulek bumbu atau mau yang lebih praktis lagi?
Bumbu instan tertebaran di warung kecil aja ada, tinggal ikutin petunjuk pemakaiannya. Kelapa instan juga ada, jadi mau alasan apalagi ya?.....hahahhaa. Pusing mikirin menu setiap hari?....aneka resep dapat dengan mudah ditemui di mbah google. Capek?......kalau untuk orang-orang tercinta pasti capeknya hilang kalau melihat mereka bahagia. Betul ga Mak?....

Keuntungannya, makanan terjamin kebersihan, kandungan gizinya dan lebi hemat bila memasak sendiri. Lebih hemat belanja secara sekaligus dan anak serta suami pasti lebih senang, memakan masakan emak dan istrinya. Selamat memasak. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar