Kamis, 23 Agustus 2018

PAMERAN ALUTSISTA TNI RI

Gerbang masuk ke pameran
Lelah mendera setelah seminggu berkutat dengan urusan pengurus RT menyambut  Hari Kemerdekaan RI. Mencari dana dan menyiapkan lomba bagi anak-anak, para Emak dan Bapak dilingkungan RTku.  Lanjut dengan urusan  masjid, alhamdulllah semua berjalan lancar dan seruuuu.  Setelah terengah-engah, kini saatnya santaiiiii….

Tetiba Metro TV meliput pameran alutsista TNI di Living World Mall, Alam Sutra…woow…woow…
Living World Mall

“Juragaaaaan….kita ke sana yuuuk….”

“Mare mandi”…jawabnya spontan sambal ngeloyor  ke kamar mandi. 

Jam  setelah sepuluh kita udah sampai di TKP pameran, maklum  hanya 5-10 menit dari rumah menuju ke lokasi.  Subhanallah…dari jalan sudah terlihat jajaran tank milik TNI, aku ngga sabar nunggu juragan parkir.

“Aku tunggu di sana ya, Bos”  teriakku sambil  lari ke tempat pameran.
Alutsista pertama yang menjadi korbanku
Ku  aduk-aduk  memory  ingatanku, saat menyaksikan  alat-alat berat tersebut konvoy lewat di depan rumah. Apabila ada upacara atau kejadian genting negara ini.  Aku memang  ngga asing dengan perlengkapan keren   ini, maklum anak kolong yang tinggal di komplek  ABRI. Apalagi di komplek terakhir yang aku tinggal, bersebelahan dengan  Markas ARHANUD 10. 


 Bareng Juragan after ngobrol sama Pak Tentara

Emang udah berapa kali pindah komplek sih?  Hehehe… 

Sejak lahir aku sudah tinggal di komplek ABRi Jl. Katedral, Jakarta Pusat sampai aku kelas 3 SMA. Lalu  pindah ke komplek Kodam Bintaro, sampai   menikah dan meninggalkan komplek tersebut. Baru kali ini lagi bisa melihat bahkan menyentuh dan menaikinya   berkeliling disekitar mall.  Bahkan kata salah satu petugasnya, “Ibu boleh menaiki yang mana aja, asal bisa naik tapi ati-ati.” 

 Iyeeess…langsung lari ga sabar...hehehe

Dalam Rangka memperingati  Hari Ulang tahun Kemerdekaan RI ke 73,  Mall Living World Alam Sutra-Tangerang  menggelar  berbagai acara dan salah satunya “Pameran Alutsista”  Ada juga lomba drum band  dan  dance  anak, juga remaja.  Pokoknya pengunjung dimanjakan dengan berbagai kegiatan.  Acara diadakan pada  tanggal 10-26  Agustus  2018 dan  dibuka untuk umum dari jam 09-17.00 WIB.
 Juragan ikut nyoba alutsista

Menyaksikan semua alutsista tersebut,  ada rasa bangga yang membuncah di dada. Jajaran tank-tank buatan Inggris, Rusia dan  ikut  berjajar gagah ANOA  tank yang  ngga kalah hebat buatan   PINDAD Indonesia.  Karya anak bangsa yang dapat digunakan di jalan raya, karena  rodanya seperti mobil truck.  Aku seperti anak kecil, ikut berkeliling menjajal ANOA, walau hanya keliling dilingkungan mall.
 Mobil operasional perang
Juragan  ngga lepas dari  camera hp membidik bininya yang pecicilan, manjat dari satu tank ke tank lainnya. Semua  ngga ada yang luput  aku sambangi, begitu juga dengan motor dan senjata Kopasus…. Bahagia banget rasanya bisa  sampai  di tempat itu  

Sebagai anak kolong, aku  bangga  bisa  menghadiri  pameran tersebut dan sedikit oleh-oleh  cerita  spesifikasi beberapa alutsista yang aku dapat.  

 PANSER   APC  ANOA 6 x 6   
 APC ANOA buatan PINDAD Bandung
Armoured Personal Carrier (APC)  ANOA  merupakan produk dalam negeri dan menjadi kebanggaan tersendiri. Disamping itu, kendaraan tempur tersebut sudah teruji dalam Pasukan Garuda di luar negeri. Bahkan  beberapa negara   sudah pula  memesan  ke PT Pindad, berikut 5  keunggulannya:

1.       Lincah : 
  • Anoa yang memiliki   penggerak roda 6 x 6  dapat bergerak lincah,  baik di jalan aspal maupun di medan off road dan  mampu melahap tanjakan dengan kemiringan 45  derajat.
  • Kecepatan di jalan mulus  dapat mencapai 80 km, dengan daya jelajah mencapai 600 km.
  • Anoa memiliki panjang 6 M, lebar 2,5 M  dan tinggi 2,75 M, dengan  berat    11 ton.
2.       Suspensi empuk:

Anoa  mempunyai  suspense  yang empuk dan pada medan off road,   pasukan di dalamnya tetap nyaman dan tidak  merasakan guncangan yang berarti serta   nyaman. 

3.       Daya angkut pasukan banyak:
  •  Anoa  merupakan  kendaraan tempur yang daya angkut  banyak,  yaitu  12 orang personel, termasuk pengemudi dan penembak.
  • Anoa mempunyai kabin  cukup luas  untuk satu regu pasukan bersenjata lengkap.  Konfigurasi tempat duduk  saling berhadapan dan   kursi akan otomatis terlipat sendiri bila tidak diduduki.
  •  Kabin Anoa  juga dilengkapi  AC di beberapa titik, sehingga  terasa sejuk.
  • Pintu keluar kabin terdapat dibelakang dan  dapat dibuka tutup secara otomatis.  
4.  Persenjataan;
Mau nyoba nyupir ANOA

Anoa memiliki peluncur granat asap, disamping  senapan mesin SM2 7,62 mm atau senapan mesin SM5 12,7 mm.  Cukup efektif untuk mendobrak dan menghancurkan pertahanan musuh.  Body dan kaca kendaraan tempur ini  tahan terhadap berondongan  peluru. 

5.       Banyak varian: 

Keunggulan lainnya,  banyak memiliki varian.  Anoa tidak hanya  sebagai kendaraan pengangkut pasukan, tapi  sebagai panser pengintai, penembak, kendaraan komando, hingga kebutuhan medis penunjang rumah sakit lapangan.  Bila perlukan dapat  dimodifikasi untuk kebutuhan pengangkut amunisi ke garis depan.

TANK LEOPARD   2RI
 Leopart 2RI
1.   Tank Leopard 2RI merupakan pengembangan dari tank Leopard 2 Revolution  (2A4) buatan Jerman yang lebih dulu datang.  Hanya  spesifikasinya disesuaikan dengan   kebutuhan  TNI AD.

2.      Jika Leopard 2A4 tampil mengkotak dengan garis-garis tegas, maka Leopard 2RI tampil dinamis dengan modul-modul AMAP menghias hull dan kubah. Inti dari perlindungan Leopard 2RI adalah lapisan blok komposit AMAP (Advanced Modular Armour Protection) buatan IBD (IngenierBüro Deisenroth) membuat proteksi pasif alias proteksi balistik sangat canggih.. Dapat terlindungan 360 derajat atau dari segala sisi.

3.    Modifikasi  ini disesuaikan  dalam penggunaannya seperti dalam situasi urban, yang rentan dengan ancaman senjata seperti roket dan rudal antitank. Juga  dimodifikasi   sistem turret drive yang kini sudah sepenuhnya elektrik, dengan   keunggulan lebih aman, lebih ajek, dan lebih senyap. Untuk kenyamanan,  Leopard 2RI sudah dilengkapi sistem pendingin udara yang dipasang di belakang bustle, dengan inlet udara dari sisi atas yang dilindungi kawat baja.

4.       Sistim Persenjataannya:
  • Untuk sistem senjata, Leopard 2Ri tetap mengandalkan meriam 120mm L44, yang tidak diubah.  Sistem kubah remote tidak terlihat terpasang pada Leopard 2Ri. Juga tidak terpasang pada Leopard 2Ri adalah sistem ROSY (Rapid Obscuring System). Sistem ini merupakan gabungan integral antara IR Jammer/ decoy dan pelontar granat asap, yang bisa memicu pelontaran granat asap secara otomatis, apabila terdeteksi adanya rudal antitank atau ancaman lain yang mendekat.
  • Tank ini juga dilengkapi dengan   kamera panoramik, komandan Leopard 2Ri masih akan mengintip dari sistem kamera PERI R-17.

TANK SCORPION
 Tank Scorpion
1.   Tank scorpion  pertama kali  masuk ke Indonesia pada tahun 1997-1999, yang merupakan  pemesan   tahun 1994 pada era Soeharto. Scorpion merupakan salah satu jenis tank ringan dari jenis Combat Vehicle Reconnaisance Tracked (CVRT), yaitu  kendaraan intai tempur beroda rantai. Tank ringan ini  di produksi   oleh Alvis  Vickers Inggris. 

2.       Fisik Scorpion terlihat   mungil dengan panjang 5.150 mm, lebar 2.260 mm dan tinggi 2.600 mm. Dan memiliki kecepatan di darat 80 Km/jam, di air  9,5 Km/jam, dengan jarak jelajah 600 Km.  Kapasitas  muat 3 awak yang terdiri dari  pengemudi,  gunner dan   komandan. TNI AD memiliki tank jenis ini sebanyak 50 unit.

3.       Persenjataan utama tank ini adalah meriam Kanon Cockerill 90 mm, Mag. caliber 76 mm, peluru high explosive, HESH (High Explosive Squash Head), pelontar granat asap dan fasilitas APDS (Armor Piercing Discarding Sabot).

TANK STORMER APC 
Tank Stormer APC
1.     Stormer  merupakan  tank angkut personel yang sangat ideal untuk kondisi geografis di Indonesia. Mobilitas Stormer  terbilang tinggi, tank dengan 2 kru dan kapasitas angkut pasukan 12 personil ini dapat diangkut dengan mudah oleh pesawat angkut sekelas C-130 Hercules.

2.     Tank   ini  memiliki  bobotnya   12,5 ton dengan panjang 5,27 m, lebar 2, 76 m dan tinggi 2.70 m. Kecepatan di darat mencapai 80 Km/jam dan di air 5 Km/jam.  Indonesia memiliki 40 unit Stormer dari beragam versi. TNI-AD diketahui memiliki versi tank jembatan (bridge layer), recovery vehicle, ambulance, logistic vehicle, dan versi commando. Sedangkan masih ada beberapa versi yang tak dimiliki oleh TNI-AD, seperti versi penyapu ranjau (mine layers), air defence dengan rudal atau kanon 30 mm, dan versi pelontar mortir 81/120 mm.  

3.    Stormer mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya mampu mendukung proteksi personel pada kondisi perang NBK (nuklir, biologi, dan kimia) lewat penambahan perangkat khusus. Selain itu  dilengkapi pula dengan passive night-vision equipment. Walaupun   bukan tank amfibi, tapi   dilengkapi dengan amphibious kit untuk melaju di air secara terbatas.
 Boat
Disamping tank, ada boat yang ngga kalah kerennya dan juga buatan dalam negeri. Juga Motor dan mobil untuk digunakan di darat, serta senjata yang digunakan oleh KOPASUS.  Jayalah negaraku dengan TNI yang menjadi  sahabat masyarakat.
 Motornya
 Senjata Darat
 Mencoba senjata Kopasus

24 komentar:

  1. Weew, Bundaaa.... keren beuud gayanya... Hihii

    BalasHapus
  2. WOW, saya cemburuuuuuu.
    Pingin juga futu-futu kayak gitu! Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo...sambangi pamerannya di Alam Sutra Tangeramg Mba..

      Hapus
  3. Wih mantab berasa jadi TNI woman yes, siap berperang. Merdeka wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mba, berasa jadi veteran TNI...hahahha.
      MERDEKA!

      Hapus
    2. Muantap pisan tuh...jeng Srie..👍

      Hapus
    3. Muantap pisan tuh...jeng Srie..👍

      Hapus
  4. Saya lebih fokus ke gambar mba...keren keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya Mba, hasil.jepretan suami dg hp Oppo ya.
      Hehehe

      Hapus
  5. Wuih, gahar Bund, heheheh. Saya baru sekali nonton kayak gini. Trus naik di dalam tank sama anak-anak. Nggak nyangka ya, di dalamnya tuh full fasilitas, adem pula hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul...aku blasak- blusuk.aja masuk ke.dalam & iya adeem..hehe

      Hapus
  6. Uhuuiiii ... kereeeeeeen puooool!!!
    Saya biasanya cuma liat di tipi wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya krn hidup dilingkungan TN, klo.liat aja sering tp naik jarang....hahaha

      Hapus
  7. Cakeeepp banget bun foto fotonya, kereennn deh pokoknya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mba...kerjaan suami yg jadi juru fotonya...hehe

      Hapus
  8. Wah, fotonyaaa..mupeng saya! sayangnya enggak tau ada pameran di situ. Anak-anak - dan emaknya pasti seneng tuh huhuhu.Eh masih sampai Minggu kan ya

    Sangar bener Mbak Srie si anak kolong ini ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dian..masih 2 hari..saya aja seneng, apalagi anak2...
      Kemooon..ajak anak2 kesana Mba

      Hapus
  9. Widihhh udah kayak mba mba kowad mba 🤣
    Keren ...

    BalasHapus
  10. Wah si Anoa kokoh banget ya Bu. Keren bs ngerasain naik hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keker, naiknya aja susah. Pihakan kakinya hanya seperti tambang gitu..hehe

      Hapus
  11. Pengen nyobain Anoa, ah. Andai bisa di-grab nggak mereka ya, Bu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha....Mba Enni...ga kuat grapnya. Nti klo pulang ke BSD pas 5gl 17 agustus aja. Katanya tiap tahun pamerannya dlm rangka HUT RI.

      Hapus