Kamis, 17 November 2016

BUSWAY PINKY





                                                           Tampilan body busway

Pagi itu aku dikejutkan dengan sebuah busway yang penampilannya beda banget. Bodynya berwarna pinky, begitu juga dengan warna kursinya & interior kabinnya yang cewek bangit. Aku disambut penjaga  yang juga perempuan & pengemudinnya juga perempuan. Bus ini kosong, hanya ada dua orang penumpang saat aku naik & ini menjadi kesempatanku mewawancarai si penjaga selama dalam perjalanan. 

Ternyata bus ini baru diluncurkan pada tanga 21 April 2016 dari Balai Kota, dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Kartini yang resmi dilepas perdananya oleh Ny. Veronika Basuki (Nyonya Ahok). Waduuuh…udah dari april, kenapa aku baru tau oktober ya?..hiihihihi….sapa yang mau peduli lagi juga, pan aku naik busway jaraaaan….hehehehe. Saat itu baru dua buah bus yang digunakan dengan rute Blok M-Kota, dari rencana sepuluh bus pada bulan Mei 2016. Berarti waktu aku naik itu udah ada 10 bus & aku juga naik yang rute Grogol-Pinang Ranti. Menurut si penjaga ada 2 armada yang melayani rute tersebut dengan jam operasi pk. 05.00 s/d 22.00 WIB.

Bus pinky ini merupakan bus gandeng yang berkapasitas 38 penumpang duduk dan 80 berdiri, dengan  susunan tempat duduk berbeda dengan busway biasa yang berwarna biru. Kursi dalam bus khusus itu menghadap ke depan, tidak seperti bus biasa yang menghadap ke samping. Menurut direktur Transjakarta peluncuran bus ini bertujuan  untuk memberi rasa aman untuk perempuan yang menggunakan busway, agar  tidak perlu berhimpitan dengan pria.  
  Kabin busway

Sebelumnya tahun lalu telah diresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di DKI Jakarta dibeberapa lokasi dari rencana 150 RPTRA yang akan dibangun. Taman ini difasilitasi dengan aula serbaguna, perpustakaan, dan tempat bermain anak. Mudah-mudahan ibukota menjadi indah dan ramah bagi siapa saja yang berkunjung.
                                                                              RPTRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar