Rabu, 07 September 2016

KELILING JABODETABEK HANYA RP. 3.500 AZA…!




Menurut pengalaman aku, biaya transportasi paling murah dan terlengkap emang Jakarta jagonye.  Transporasi umumnya  mulai dari yang dianter  sampai  di depan pagar atau depan komplek rumah, semua   ada.  Nama angkutan  macam-macam, sesuai  dengan  jenis kendaraannya, seperti:   mikrolet,  angkot, ojeg, metro mini, kopaja, bus besar ,  bus patas AC, kereta  commuter line,  taksi, busway (transjakarta) sampai  transportasi online yang  taksinya  serasa mobil pribadi yang lengkap dengan sopirnya yang lagi ngetren saat ini.  

Untuk ongkos, kalau mikrolet, angkot & ojeg patokan harganya suka-suka supirnya. Kadang lebih mahal dari pada naik bus patas AC, tapi angkutan ini yang melayani sampai ke lokasi terdekat pemukiman warga.  Untuk metro mini dan kopaja cukup Rp. 4.000/ orang jauh dekat dan bis besar Rp. 4.000- Rp. 8.000,-. Sementara kereta commuter line Rp. 2.000/ 25km atau sesuai jarak, kalau taksi ya sesuai argo. Kecuali taksi online bisa lebih murah dari taksi yang ada & ojeg online juga jauuuuh lebih murah.


Dari semua transportasi di Jakarta, yang paling murah bingit ya busway atau transjakarta, hanya dengan Rp. 3.500,- Anda udah bisa keliling  Jabodetabek, malah masih dapat bonus lagi. Untuk naik busway kita menggunakan  kartu yang dikeluarkan beberapa bank yang telah bekerjasama dengan transjakarta.  Apabila nominal kartu habis, Anda dapat mengisinya kembali di bank yang mengeluarkan kartu tersebut atau di ATM dan di indomart terdekat, bisa juga di shelter –shelter busway.


Busway mobilnya ada dua warna, kalau keluaran pertama berwarna orange dan yang  terbaru berwarna biru. Kalau bukan jam-jam sibuk, cukup nyaman naik busway. Namun kalau jam sibuk….ya seperti ikan pepes lah, apalagi kalau kondekturnya cuek dan ga mengatur penumpang yang naik….Cuma punya space untuk kaki doang….hehehe, enaknya kalau jalan dijalurnya, ga kenal kata macet…cuuuuus…lancar. Pinjem taglinenya busway “Merdeka atau Maceeeet” mau merdeka n lancer naiklah busway, mau bermacet ria? Silakan naik mobil pribadi atau transportasi lain.

Terus, gimana tuh caranya Rp. 3.500 bisa keliling jabodetabek dan dapat bonus lagi?
Sejak diluncurkannya busway bodetabek (bogor, depok, tangerang, bekasi), warga yang tinggal sekitar Jakarta dapat merasakan nikmatnya naik busway. Untuk yang naik dari bodetabek tidak perlu membayar menggunakan kartu, tapi bisa dengan bayar tunai. Karena kita naik bukan dari shelter busway, bisa dari jalan umum. Misalnya Anda  dari tangerang, mau ke Pulogadung. Naik busway dari beberapa daerah sekitar tangerang selatan atau Tangerang kota, nanti kondektur akan memberitahu Anda harus transit dimana untuk melanjutkan perjalanan ke Pulogadung. Bila dari pulo gadung, mau ke ancol atau blok M, bisa. Asal Anda ga keluar dari shelter busway tapi transit untuk berpindah busway yang akan membawa ke tujuan. Selagi Anda tidak keluar dari shelter busway, Anda bisa pergi kemana aja  sesuai jalur busway dan tanpa bayar lagi.

Apa Bonusnya?.... bonusnya Anda akan menjadi sehat. Kok bisa? Mare saya jelaskan.

Apabila naik busway dari dalam kota, Anda harus melalui shelter busway yang tersedia. Untuk  menuju shelter busway, Anda harus naik jembatan dengan beberapa anak tangga yang lumayan tinggi. Andai transitpun, kadang Anda harus  berjalan  ke shelter melalui jembatan yang terhubung dengan  jarak lumayan jauh. Jadi karena naik, turun tangga dan berjalan, itu kan termasuk olahraga toh? Makanya saya bilang bisa bikin orang jadi sehat. Bonusnya “SEHAT”. Betul ga?.....hehehhe……
Ga percaya?......silakan coba !!!!

2 komentar:

  1. Infonya ngebantu banget mbak klo kite ke jakarta 😊

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Mba, klo bermanfaat.makasih udah mampir

    BalasHapus