Rabu, 08 Oktober 2014

MERENDA MASA DEPAN


Siapa yang tidak punya rencana untuk masa depan? Tentunya setiap orang pasti  merancang masa depan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kalau bicara masa depan,  setiap orang akan menjabarkan secara terinci persiapan dan langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai masa depan yang diinginkan.  Diawali dengan diri sendiri dan berlanjut untuk keluarga. Mulai dari rencana memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, biaya sekolah anak-anak, biaya kesehatan keluarga sampai dengan tabungan untuk hari tua.  Rumah sebagai tempat berteduh, adalah hal utama yang dipikirkan pengadaannya. Lanjut dengan kendaraan. Kerja keras adalah jalan utama untuk dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga. Itu masa depan dunia yang dilakukan, lalu bagaimana dengan merenda masa depan yang abadi?

Kadang manusia lupa, kalau sedang mengejar dunia seakan akan hidup 1000 tahun lagi, lalu apa yang akan dipersiapkan untuk masa depan yang abadi?  Rumah seperti apa yang akan dibuat disana? Persiapan apa yang perlu dilakukan untuk menghadapinya?
Kesibukan mengejar dunia sering kali membuat manusia lupa akan akhirat. Kewajibannya kepada sang Pencipta acapkali terabaikan karena merasa tidak ada hukuman yang diterimanya, apabila lalai dalam melaksanakan.   Menurut Al Quran, hitungan waktu di dunia sangat jauh, 1 hari diakhirat sama dengan 1000 tahun di dunia. Mari kita hitung berapa lama manusia singgah di dunia menurut hitungan akhirat:
1hari/ 24 jam akhirat = 1000 tahun dunia.
3 jam akhirat = 125 tahun dunia.

Apabila rata-rata usia manusia menutup mata  60-70 tahun saja, maka  waktu hidup manusia jika dilihat dari perhitungan waktu akhirat hanya 1,5 jam saja (QS.35:15,4:170).  Untuk itu hidup di dunia dikatakan hanya singgah saja. Lalu apa yang dapat  Anda siapkan diwaktu sependek itu untuk merenda masa depan yang sesungguhnya? 

Mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya tanpa sedekah, menimbun deposito tanpa berbagi. Bagaimana dengan persiapan ibadah Anda? Menunggu pensiun baru memperbanyak ibadah kah?  Untuk itu sebaiknya  merenda masa depan akhirat dilakukan bersama-sama dengan persiapan di dunia. Karena di masa depan yang abadi, kita tidak membawa apa-apa selain selembar kain putih yang sangat sederhana. Jadi hiasi hati Anda dengan iman & taqwa kepada Allah dengan sebaik-baiknya. 

Setiap manusia akan mengalami 3 fase kehidupan dalam perjalannya hidupnya. Pertama  di alam yang serba indah dan memabuukkan, yaitu dunia, lalu alam kubur yang hanya berukuran 1 x 2 meter saja. Alam selanjutkan adalah alam yang kekal, yaitu alam akhirat.
Untuk dapat meraih alam kubur yang istimewa, lalukanlah hal-hal sebagai berikut:

                                          Rumah Masa Depan Manusia


  1. Kubur adalah tempat yang paling gelap, maka terangilah dengan banyak bertahajud.
  2. Kubur adalah tempat yang paling sempit, maka luaskanlah dengan bersilaturahmi.
  3. Kubur adalah tempat yang paling sepi, maka ramaikanlah dengan memperbanyak baca Al Quran.
  4. Kubur adalah tempat binatang-binatang menjijikan tinggal, maka racunilah dengan  amal sedekah.
  5. Kubur adalah tempat manusia dijepit hingga hancur, maka hanya Sholat yang dapat melepaskan jepitan      tersebut.
  6. Kubur adalah tempat untuk merendam manusia dengan cairan yang sangat sakit,  maka bebaskan rasa sakit itu dengan memperbanyak puasa.
  7. Kubur adalah tempat malaiakat Munkar & Nakir bertanya, maka perbanyak mengucapk kalimat "Lailahailallah".

Semua pilihan tergantung kepada Anda yang melakukannya. Sementara alam akhirat adalah tempat dihisabnya segala amal perbuatan manusia dan kita kekal disana. Semua kembali kepada Anda,  masa depan seperti apa yang akan Anda persiapan di ketiga alam tersebut.



3 komentar:

  1. Terima kasih tulisan ini mengingatkan kita. Semoga kita senantiasa mempersiapkan diri untuk masa depan tersebut. Amin

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali Mbak Tri, sudah mau mampir di blog saya. salam kenal

    BalasHapus

  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus